Erika Suryani
Erika Suryani Mahasiswa

Mahasiswi PGSD UNISNU JEPARA

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Mengatasi Kebosanan dalam Kuliah Daring pada Bulan Ramadhan

4 Mei 2021   20:50 Diperbarui: 4 Mei 2021   21:28 340 1 0

Pada masa sekarang dunia sedang dihadapkan dengan pandemi covid-19 termasuk negara Indonesia. Covid-19 merupakan virus yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan hingga dapat berujung pada kematian. Sejak diumumkannya kasus pertama virus korona pada bulan Maret 2020 di Indonesia, maka negara Indonesia ditetapkan sebagai negara yang terpapar virus korona atau covid-19. Pandemi covid-19 di Indonesia membuat berbagai kegiatan terhenti tidak terkecuali dalam dunia pendidikan dimana proses pembelajaran terpaksa dilakukan secara online atau daring. Proses pembelajaran daring diterapkan disetiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Paud hingga tingkat perguruan tinggi. Pada tingkat perguruan tinggi proses pembelajaran secara online atau kuliah daring dalam pelaksanaannya dilakukan menggunakan media dengan memanfaatkan akses internet sebagai sarana dalam pelaksanaannya.

 Di dalam pelaksanaan kuliah daring tidak bisa dihindari yang namanya sebuah kendala mengenai jaringan internet ataupun kuota. Kuliah daring membuat lebih banyak waktu berada dirumah untuk berkumpul bersama keluarga guna mempererat tali kekeluargaan. Kuliah daring memiliki berbagai dampak pada kemampuan mahasiswa yang membuat kemampuan siswa lebih meningkat atau bahkan menurun, mahasiswa yang lebih menyenangi metode belajar secara mandiri akan merasa lebih nyaman dan lebih mudah memahami dengan sistem belajar daring, namun kebalikannya mahasiswa yang lebih menyenangi sistem belajar dengan berkumpul bersama orang banyak dalam satu ruangan akan merasa kesulitan dalam proses belajar menggunakan sistem daring, dan mahasiswa yang terbiasa memahami seuah penjelasan materi secara langsung/offline akan merasa kesusahan dalam memahami suatu penjelasan.

Pada bulan ramadhan ini kuliah daring tetap dilaksanakan seperti hari hari biasa. Tentunya hal membuat para mahasiswa merasa boisan karena harus berdiam diri, memantau terus kuliah daring di depan layar pc atau hp. Terlebih pada bulan ramadhan ini bulan yang penuh keberkahan. Sudah seharusnya kita memanfaatkan bulan ini untuk melakukan hal-hal yang positif agar hal kita lakukan dapat bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun orang lain, serta mendapat ridha do sisi Allah. Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kebosanan saat kuliah daring di bulan ramadhan :

  • Mendengarkan musik

Musik adalah salah satu sarana yang membuat kamu menjadi rileks. Dengan mendengarkan musik saat kuliah daring bisa merubah mood jelek kamu. Terlebih jika memutarkan sholawat, pasti akan menambah pahalamu di bulan ramadhan.

  • Menonton televisi

Kuliah online dapat kamu nikmati sambil menonton televisi. Televisi merupakan media audio visual. Dari tontonan televisi, kita dapat merasakan senang karena terhibur, drama karena terlalu romantis, bahkan sedih karena mengharukan. Di bulan ramadhan ini, pilihlah tontonan yang berkualitas seperti hafiz qur’an yang dapat kamu rasakan ketentraman jiwa mendengar kalam Allah.

  • Bermain medsos

Bukan berarti kuliah daring harus selalu memantau layar pc/hp dan menyimak berlangsungnya perkuliahan. Enjoy saja dengan kuliah daring. Kamu dapat menggunakan media sosial seperti youtube, instagram, whatsapp, dan media lainnya untuk saling bertukar pesan dengan temanmu atau sambil menonton video lucu.

            Manfaatkan kebosananmu saat ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat. Tips diatas dapat kamu coba di rumah tanpa harus keluar untuk cari hiburan. Nikmatilah kuliah daringmu tanpa rasa bosan dan malas.

VIDEO PILIHAN