Elvidayanty Darkasih
Elvidayanty Darkasih Freelancer

Kontributor radio, membuat konten untuk radio. Email : elvi.jambi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Koleksi Kliping Koran untuk Modal Siaran di Radio

5 Mei 2021   21:21 Diperbarui: 5 Mei 2021   21:26 709 11 1
Lihat foto
Koleksi Kliping Koran untuk Modal Siaran di Radio
Koleksi kliping koran. (Foto : Elvidayanty)

"Kak, boleh minta koran bekas? Ada tugas kliping dari sekolah." 

Saya menyodorkan beberapa lembar koran bekas kepada adik yang kost di tempat saya, "kalo kurang, nanti boleh minta lagi, yang tidak terpakai tolong kembalikan, ya?" Ucap saya. 

Sekitar setengah jam kemudian, si adik kost balik lagi ke tempat saya, "korannya sudah kakak mutilasi semua. Nggak ada yang masih utuh, ya?" 

Saya tertawa dan menanyakan materi kliping yang dia butuhkan. Saya mencari beberapa lembar koran yang sudah saya kliping sesuai tema yang dia butuhkan, lalu meminta dia memfotokopi kliping tersebut. Kliping yang asli boleh dia bawa untuk tugas sekolah, yang fotokopi saya simpan. 

Hobi mengkliping koran sudah saya lakukan sejak SMP. Ketika itu, setiap pulang sekolah almarhum abah (panggilan bapak) selalu mengajak saya saya ke kantornya. Kebetulan sekolah saya dekat dengan kantor abah, demi menghemat ongkos, saya pulang ke rumah selalu barengan abah. 

Di kantor abah, saya mulai tertarik dengan tumpukan koran yang setiap hari datang. Awalnya saya hanya membaca untuk mengusir rasa bosan. Suatu hari, ada tulisan yang menarik di koran dan saya cerita ke abah. Abah lalu memberikan saya gunting, lem dan kertas bekas. Mengajari saya mengkliping koran. 

"Koran-koran itu, kalau sudah ditumpuk di situ, tandanya tidak dipakai lagi. Yang penting untuk kantor sudah diambil sama yang bertugas mengkliping koran di kantor." Kata abah. "Daripada suntuk menunggu jam pulang kantor abah, lebih baik kliping saja koran yang menarik buatmu." 

Sejak itu, sambil menunggu jam pulang kantor abah tiba, saya mengkliping koran yang ada di kantor abah. Dengan syarat, saya harus selesaikan PR dari sekolah dulu. Sejak saat itu, saya suka mengumpulkan kliping koran. Artikel apa saja saya kliping, dari kesehatan, ilmu pengetahuan, kolom opini, hingga cerpen. Yang tersisa dari koran kadang hanya iklan yang tidak saya kliping. 

Koleksi kliping koran. (Foto : Elvidayanty)
Koleksi kliping koran. (Foto : Elvidayanty)

Saat kuliah, beberapa artikel di kliping koran bisa saya gunakan sebagai bahan pustaka tugas-tugas kuliah. Itu sebabnya saya mengoleksi beragam jenis artikel. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN