Eko S Nurcahyadi
Eko S Nurcahyadi Akuntan

Aktivis di Ormas, Pegiat Literasi, Pendididikan di Pesantren NU, Profesional Muda

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Segarnya Buka Puasa dengan Menu Es Buah dan Es Jus Buah

11 Mei 2020   17:02 Diperbarui: 11 Mei 2020   16:59 1693 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Segarnya Buka Puasa dengan Menu Es Buah dan Es Jus Buah
es campur buah komplit dok rois

Beberapa nama buah favorit untuk bahan menu minuman es buah segar atau es campur diantaranya: blewah, pakel (kuweni) dan nangka serta durian. Ketiganya adalah buah sangat spesial untuk dijadikan bahan es buah atau es campur.

 Karakteristik tiga nama buah tersebut memiliki aroma khas yang kuat menyengat dan merangsang. Sehingga jika bercampur dengan air, sirup, santan dan susu aroma buah-buah itu masih dominan.
 
Ketiganya terutama untuk blewah dan kuweni saya menjulukinya sebagai buah tak enak dimakan tapi luar biasa dibikin es buah. Tak salah memang jika buah-buah tersebut menjadi favorit di bulan Ramadan karena jadi pilihan menu pembuka acara buka puasa keluarga.

Belahan blewah dok Eko S Nurcahyadi
Belahan blewah dok Eko S Nurcahyadi
Blewah sangat cocok untuk bahan utama es buah tipe orisinil. Artinya tampak bening karena tanpa tambahan santan dan susu kental manis. Cukup di potong-potong atau diparut lalu masukkan ke air es, tuangi sirup sesuai selera dan akan lebih lengkap bila dibubuhi biji selasih.

Sudah cuma begitu, mudah dan cepat pembuatannya. Bisa langsung dihidangkan di atas meja makan untuk buka puasa bersama keluarga. Dijamin segar dan khas aroma blewahnya.

Es buah blewah dan alpukat dok Eko S Nurcahyadi
Es buah blewah dan alpukat dok Eko S Nurcahyadi
Untuk buah pakel atau kuweni dan mangga lebih berasa istimewa kalau dibuat es campur. Bedanya dengan es buah adalah untuk es campur memerlukan santan dan susu disamping bahan tambahan yang lain untuk pelengkap. Untuk es campur ini masih mungkin juga ditambahkan potongan-potongan roti tawar atau cendol dawet.

Paling umum untuk es campur sebagai bahan utama adalah aneka buah yang dicincang seperti: bengkuang, pepaya, nanas, blimbing,   melon, apel dan lain-lain. Tinggal pilih kombinasi buah yang paling disukai. Lalu dimasukkan ke dalam baskom atau teko yang sudah diisi dengan campuran air es dan sirup serta santan matang.

Kemudian tambahkan buah penguat aroma, pilih salah satu: pakel, nangka atau durian. Lalu masukkan biji selasih dan tuangkan susu kental manis. Jadilah es campur beraroma istimewa.

Nama-nama buah lainnya seperti alpukat, jambu, pisang dan sirsak sangat kampiun untuk dibuat es jus buah. Aroma khas alpukat yang kalem namun solid sangat digemari masyarakat untuk dijadikan bahan jus buah. Sensasi rasanya juga tergolong khas dan jauh lebih sedap dibandingkan alpukat yang dikonsumsi langsung dalam wujud buah.

Demikian pula dengan aroma jambu biji yang tergolong kalem dan solid sangat khas bagus bagus untuk bahan jus buah. Jus jambu merah yang berasa enak sangat membantu meningkatkan hemoglobin penderita demam berdarah.

Agak beda dengan pisang. Buah ini menurut saya kurang pas kalau dijus, walaupun di pasaran banyak ditemukan jus pisang. Pisang secara alamiah dalam wujud aslinya malah lebih menggairahkan untuk dicicipi lalu dikonsumsi.

Sirsak memiliki keistimewaan dalam sensasi segar terkait dengan kandungan cita rasa kecutnya. Bagi pemilik selera asam jus sirsak adalah pilihan terbaik. Menurut beberapa ahli jus sirsak juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit sepertu radang dan batuk. Setidaknya dengan rangsangan rasa asam itu dapat meredakan rasa sakit dan menurunkan rangsangan batuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan