Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Apa yang Dicapai Siswa ketika Mempelajari Teks Eksposisi?

21 September 2021   07:10 Diperbarui: 22 September 2021   10:15 1325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi belajar di kelas. (Gambar oleh Gerd Altmann: Pixabay)

Teks Eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang dipelajari di sekolah tingkat menengah, khususnya di kelas 10 SMA. Seperti jenis teks pada umumnya, teks eskposisi memiliki karakter dan fungsi tersendiri. 

Secara sederhana, jenis teks eksposisi adalah bentuk tulisan ekspositori yang berisi uraian seorang penulis terhadapat suatu hal. Ada pun tujuan tulisan berbentuk eksposisi ini adalah untuk menjelaskan, menginformasikan, dan sekaligus meyakinkan pembacanya.

Informasi dalam teks eksposisi bukan hanya berisi tentang definisi atau pun deskripsi suatu "hal", melainkan bagaimana penulis merespon "hal" tersebut dan menginformasikannya kepada pembaca. 

Tema pembahasan dalam teks eksposisi cenderung mengandung masalah faktual atau, yang biasa terjadi di masyarakat. 

Siswa dapat menemukan lokasi sosial dari teks-teks berjenis eksposisi ini di surat kabar atau majalah-majalah, media berita online, dalam rubrik opini atau pun editorial. 

Lantas, seperti apa hal-hal mendasar yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran teks eksposisi ini? 

1. Membedakan informasi yang bersifat objektif dan yang bersifat subjektif

Salah satu hal dasar yang akan siswa pelajari dalam topik teks eksposisi yaitu sifat informasi dalam suatu tulisan atau teks. Dalam hal ini, siswa akan mengenali informasi teks eksposisi yang dapat bersifat objektif sekaligus bersifat subjektif. 

Berbeda dengan jenis teks Laporan Hasil Observasi ( LHO), yang informasinya mutlak berdasarkan kegiatan riset, ilmiah, dan objektif sepenuhnya. 

Dalam teks eksposisi, penulis dapat memberikan gagasan pribadinya. Terdapat subjektivitas atau sudut pandang penulis yang tertuang dalam isi teks sehingga penulis bukan sekedar melaporkan fakta, melainkan juga menanggapi fakta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun