Dimas ZainulFathoni
Dimas ZainulFathoni Mahasiswa

pemuda bangsa

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Sambut Bulan Suci Ramadan 1442 H Mahasiswa Mesin UM Gelar Aksi Bagi-Bagi Takjil di Jalan Veteran, Kota Malang

20 Mei 2021   19:44 Diperbarui: 20 Mei 2021   22:19 203 0 0

Hari Kamis tanggal 15 April 2021 bertepatan dengan bulan ramadhan, Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan bagi takjil serta masker di Jalan Veteran, Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Mahasiswa tersebut tergabung dalam kelompok kecil yang beranggotakan delapan orang. Salah satu mahasiswa yang sekaligus menjadi ketua pelaksana adalah Dimas Zainul Fathoni.

Kegiatan bagi takjil dan masker ini bertujuan untuk menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriyah. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menghimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan salah satunya dengan menggunakan masker saat bepergian keluar rumah. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terutama mengenakan masker tergolong masih rendah. Padahal seperti yang kita ketahui, bahwa pandemi COVID-19 sendiri masih belum hilang di Indonesia bahkan sejak satu tahun yang lalu.

Kegiatan bagi-bagi takjil dan juga masker ini dimulai pada pukul 16.30 WIB. Sebelum kegiatan dimulai para mahasiswa berkumpul di SPBU Bendungan Sutami untuk bersiap-siap dan ketua pelaksana memberikan sedikit breafing atau arahan untuk kegiatan tersebut. "Target atau sasaran bagi-bagi takjil kita pada sore hari ini adalah ojek online, pedagang, petugas kebersihan, dan juga petugas penyeberangan, serta orang-orang yang membutuhkan" ujar Dimas Zainul Fathoni, selaku ketua pelaksana kegiatan bagi-bagi takjil.

Setelah para mahasiswa bersiap dan ketua pelaksana selesai memberikan pengarahan, akhirnya para mahasiwa mulai melakukan kegiatan bagi-bagi takjil. Kegiatan bagi-bagi takjil dimulai dari perempatan ujung Jalan Veteran hingga sebelah barat Taman Makam Pahlawan Untung Suropati yang berada di Jalan Veteran. Para Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok yang bertujuan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu bagi-bagi takjil. Kelompok 1 yang beranggotakan 3 orang yaitu Dimas Zainul Fathoni, Bagoes Dwimas, dan juga Bagas Oktavia Rahmanto bertugas membagikan takjil dan masker dibagian utara Jalan Veteran. Sementara kelompok 2 yang beranggotakan 5 orang yaitu Agista Rosidatul Umaya, Ambar Isna Azizah, Asri Kinanty Ramandha, Evelyn Filma Vidora, dan juga Tiara bertugas membagikan takjil dan masker dibagian sisi selatan Jalan Veteran.

dokpri
dokpri
Acara bagi-bagi takjil dan juga masker di Jalan Veteran berjalan dengan baik dan juga mendapat respon yang positif dari banyak masyarakat. Hadi (35), salah seorang pedagang siomay mengaku senang akan adanya kegiatan Mahasiswa seperti ini. Menurutnya selain memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan terutama saat pandemi seperti sekarang.

Tukijah(74), Duafa yang berada di depan Malang Town Square, menyambut baik kegiatan bagi-bagi takjil dan juga masker yang digelar sejumlah Mahasiswa Universitas Negeri Malan. "Terima kasih mas, semoga menjadi amal baik dan semoga dilancarkan kuliah serta semua urusannya serta mendapatkan keberkahan dibulan Ramahan ini," ujarnya.

VIDEO PILIHAN