Didno
Didno Guru

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Berkunjung ke Masjid Darussajidin Bondan, Masjid Tertua di Indramayu

30 April 2020   14:09 Diperbarui: 30 April 2020   14:05 970 3 0
Lihat foto
Berkunjung ke Masjid Darussajidin Bondan, Masjid Tertua di Indramayu
Masjid Darussajidin di bagian dalam (Dokumen Didno)

Sebagai seorang muslim tentu sudah biasa datang ke masjid untuk menunaikan salah satu kewajiban orang Islam yakni shalat. Masjid sendiri dalam bahasa Indonesia artinya tempat sujud atau tempat berserah diri kepada Sang Maha Pencipta. 

Tetapi ketika masuk ke masjid ada pengalaman yang berkesan tentang masjid tersebut saat masuk ke masjid yang kondisinya sangat bersih, tertata rapi, sejuk, atau memiliki bentuk yang unik dan menarik berbeda dari biasanya. 

Tampak depan Masjid Darussajidin Bondan Barat (Dokumen Didno)
Tampak depan Masjid Darussajidin Bondan Barat (Dokumen Didno)

Jika Anda sedang berada di daerah Pantura Indramayu, cobalah mampir ke masjid yang satu ini. yakni masjid Darus Sajidin yang terletak di Blok Bondan Barat Desa Bondan (dahulu bernama Blok Sapuangin) Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Karena ada masjid yang beda dari masjid pada umumnya.

Lokasinya berada sebelum pasar Bondan ada gapura sebelah barat jalan, kurang lebih 500 meter Anda akan menemukan masjid Darussajidin Bondan Barat. Tidak sulit menemukan masjid ini berada karena ujung jalan. 

Masjid Darussajidin tampak dari samping (Dokumen Didno)
Masjid Darussajidin tampak dari samping (Dokumen Didno)

Kalau melihat dari depan, masjid ini tampak seperti masjid pada umumnya, tetapi setelah melihat dari samping tampak jelas masjid kuno yang terbuat dari kayu jati yang masih berdiri kokoh.

Uniknya masjid ini berbentuk panggung dengan atap yang terbuat dari sirap kayu dan di dalam masjid utamanya masih menggunakan 4 saka (tiang) utama. Pada bagian depan, masyarakat sekitar sudah merenovasi masjid tersebut tetapi tetap mempertahankan bagian utamanya.

Tiang kayu jati di masjid Darussajidin (Dokumen Didno)
Tiang kayu jati di masjid Darussajidin (Dokumen Didno)

Masjid Darussajidin yang diperkirakan dibangun pada tahun 1414 Masehi ini masih berdiri dengan kokoh. Masjid ini konon dibuat dalam satu malam atau cipta semalam oleh Syekh Datul Kahfi yakni seorang tokoh dan ulama yang menyebarkan syiar Islam di daerah Bondan dan sekitarnya.

Masjid Darussajidin Bondan ini masih digunakan untuk shalat 5 waktu, tempat mengaji dan juga digunakan shalat Jumat. Pada saat bulan puasa masjid ini selalu ramai terutama pada saat shalat Isya dan Tarawih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN