Dian Satriani
Dian Satriani Mahasiswa

Jadilah Galak Dan Pantang Menyerah, Karena Tidak ada kesuksesan tanpa penderitaan. sesering apapun kamu disakiti dan di kecewakan jadi Orang Baik Adalah Kewajiban. Tetaplah Berpetualang.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ngabuburit di Palembang

4 Mei 2021   23:14 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:19 111 2 0
Lihat foto
Ngabuburit di Palembang
dokumentasi pribadi

Ngabuburit adalah hal yang sering dilakukan oleh anak muda maupun orang dewasa saat sore hari menjelang buka puasa, biasanya ngabuburit itu identik dengan mencari takjil dipinggir jalan dan muter-muter ngelilingin jalan.
saat bulan puasa bagini, banyak orang-orang mencari rezeki melalui berjualan takjil di jalanan. seperti dikota palembang banyak banget aneka makanan yang bisa di jumpai dipinggir jalan, mulai dari Sop buah, Es Oyen, pempek, model, klepon, ager-ager, Gorengan, Naga sari,Es leci, Dan lain-lainya.
biasanya orang-orang mulai berdatangan membuka lapak jualannya mulai dari jam 15:00-17:30 wib.
biasanya dengan adanya penjual pinggir jalan mengakibatkan kemacetan karena banyak nya parkir sembarangan dan banyaknya orang-orang yang menyebrang sembarangan. namun hal ini bukan hal baru untuk di temui, setiap tahunnya pasti akan mengalami hal begini.

sambil menunggu azan magrib untuk berbuka puasa, ada beberapa tempat di palembang yang bisa membuat ngabuburit mu semakin seru, dengan datang- datang ketempat berikut ini :

1. Jembatan Ampera

Di jembatan ampera sangat cocok untuk melihat sunset sambil menunggu azan untuk berbuka puasa, karena pemandangan yang ada dibawah jembatan ampera sangat menenangkan, disana kita bisa melihat sungai musi dan melihat banyak kapal-kapal yang lewat apalagi saat menjelang malam, lampu-lampu disekitaran jembatan ampera bernyalaan yang menambah suasana tambah aesthetic untuk di abadikan momentnya di ponsel para pengunjung yang datang. saat menunggu azan magrib para pengunjung juga bisa menyusuri sungai musi dengan kapal. biasanya banyak para kapal nelayan yang mempersilahkan para pengunjung untuk naik kapalnya dan mengajak berkeliling di sungai musi. banyak juga pengunjung yang nongkrong dibawah jembatan ampera setelah pulang dari pasar 16. karena jarak dari keduanya sangatlah dekat. dipasar 16 kita bisa mendapatkan apapun yang kita cari. dibawah jembatan ampera juga terdapat  KFC dan J.co Donuts,bagi yang ingin berkumpul bersama sahabat bisa untuk memesan tempat di salah satu tempat makan itu dan menyaksikan indahnya pemandangan ampera yang dikelilingi kelap kelip lampu pada malam hari.

2. Masjid Al islam Muhammad Cheng Ho

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

atau yang sering disebut masjid cheng ho palembang yang terletak di jakabaring. anak-anak muda yang ingin ngabuburit dengan menambah pahala dan melancarkan bacaan ngajinya bisa nih datang ke masjid cheng ho saat sore hari untuk mengaji.masjid cheng ho sriwijaya juga memiliki prasasti yaitu "Dengan ini kami menyatakan bahwa masjid al-islam muhammad cheng ho sriwijaya berpahamkan Ahlussunnah wal jama'ah Berfikih Mazhab Al-imam asy-syafi'i dan syafi'iyah berpaham tauhi imam abu hasan al-asy'ari Berpaham tasawuf menurut imam al-ghazali."

masjid cheng ho sendiri adalah masjid dengan unsur Tionghoa. mulai dari bentuk nya seperti kelenteng dan warna masjid yang berpadu dengan warna merah, pink, dan hijau. didekat masjid juga terdapat taman yang sangat luas dan memiliki bangku bangku untuk duduk didekat taman. untuk area parkir di masjid cheng ho sangat luas. dan suasana disana sangat tenang dan bersih. dan penjaga masjid atau marbot yang ada di masjid cheng ho sangat baik,beliau dengan senang hati menjelaskan tentang sejarah masjid dan mengantarkan para pengunjung keliling masjid, dengan perbincangan yang ramah membuat para pengunjung nyaman. tidak jarang beliau menawaran diri untuk memotret para pengunjung. dan hasil yang di perlihatkan tidak mengecewakan.
sedikit jauh dari pintu gerbang masjid cheng ho terdapat pasar buah yang selalu rame, dan disekeliling jalanan juga terdapat banyak orang berjualan untuk buka.

3. Al-Quran Museum

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

untuk yang ingin ngabuburit bisa nih datang ke Al-quram museum yang ada dipalembang, tempat alquran musem berdekatan dengan pondok pesantren modern IGM AL-IHSANIYAH. Museum alquran adalah alqur'an terbesar yang ada di palembang, alquran ini terbuat dari kayu dan di setiap ruangan dipenuhi dengan tulisan yang berada di dalam alquran. untuk masuk ke museum kita harus membayar Rp.20.000 dan untuk parkir mobil Rp.5000. biasanya uang dari hasil parkir digunakan untuk membiayai pondok pesantren dan di anggap sebagai beramal. saat memasuki gerbang kita langsung bisa melihat beberapa toko yang menjual makanan dan barang-barang untuk oleh-oleh. dan saat ingin memasuki ruangannya harus memggunakan baju muslim alias harus berpakaian tertutup dan berjilbab untuk perempuan, dan untuk lelaki memakai celana panjang atau sarung. saat mulai masuk pintu musem kita akan mendengarkan lantunan ayat suci alquran dan langsung takjub dengan sekeliling kita yang dipenuhi dengan kaligrafi dari isi al-quran.saat masuk dalam musem juga terdapat beberapa ruangan bagian depan yang memamerkan madu, obat-obatan, kurma, buku-buku bacaan islam, Al-quran, Tasbih dan lain-lainya. dan di bagian bawah ruangan terdapat ruangan yang menjual baju koko, baju syar'i, baju anak-anak, mainan anak-anak, kaligrafi, Kopiah dan lainnya. baru-baru ini di museum menjual baju untuk lebaran, untuk harga lumayan sangat terjangkau dan sangat banyak pilihan baju yang menarik dan mewah-mewah dan terdapat juga penjualan sepatu dan tas-tas yang menarik untuk dipakai saat hari raya. disana terdapat tulisan "anda membeli berarti anda bersedekah" nah saat kalian males buat beli baju lebaran kepasar karena males panas dan berdesakan, bisa nih ngabuburit ke alquran musem untuk melihat lihat pakaian yang dijual disana.
dibagian lantai paling bawah terdapat celengan raksasa atau donasi box  yang sangat besar. uang yang telah terkumpulkan biasanya digunakan untuk pengembangan bayt alquran al akbar. saat bulan puasa begini sangat di anjurkan untuk bersedekah karena tidaklah berkurang harta kita kalau kita menyumbangkannya dengan ikhlas melaikan nanti akan diganti oleh allah berlipat ganda.

VIDEO PILIHAN