Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Freelancer

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Roti Bakar Hazelnut, Takjil Enak dan Mudah Favorit Si Kecil

17 April 2021   13:34 Diperbarui: 18 April 2021   16:14 515 14 25
Lihat foto
Roti Bakar Hazelnut, Takjil Enak dan Mudah Favorit Si Kecil
Takjil Favorit | Dokpri

Roti Bakar Hazelnut, Takjil Enak dan Mudah Favorit Si Kecil

Tahun ini, saya mulai melatih anak-anak untuk ikut berpuasa. Si sulung yang berusia 8 tahun, kali ini berlatih puasa penuh. Sedangkan si bungsu yang masih 5 tahun, berpuasa dhuhur.

Mengajarkan anak berpuasa ini memang tidak mudah. Tidak bisa memaksa mereka, namun juga harus melatih puasa. Perlu cara yang tepat dan menyenangkan. Salah satunya dengan memberikan reward berupa makanan berbuka favorit. Agar mereka semangat berpuasa. Salah satunya adalah Roti bakar hazelnut.

Kapan Waktu yang Tepat Mengajak Anak Berpuasa?

Beberapa hari lalu di sebuah wag terlibat diskusi yang sangat menarik. Yaitu tentang kapan sebaiknya mengajak anak berpuasa. Tentunya melihat kondisi anak masing-masing.

Ada yang mulai dari 3 tahun, ada juga yang mulai dari 5 tahun. Kalau saya sendiri mulai mengajak anak berpuasa saat usia 4 tahun. Saat itu hanya membiasakan anak ikut sahur dan berbuka. Meski nantinya mereka tetap makan dan minum.

Ketika anak berusia 6 tahun saya mulai mengajaknya berpuasa setengah hari. Jadi harapannya saat ini, si sulung yang berusia 8 tahun bisa ikut puasa full. Alhamdulillah, sampai saat ini si sulung masih bisa puasa full.

Sedangkan adiknya, bisa ikutan puasa, namun saat dhuhur tiba saya memberinya makan siang. Lalu lanjut puasa lagi hingga waktu berbuka tiba.

Tips Sukses Ajak Anak Berpuasa

Beberapa tips yang saya coba agar anak bisa sukses berpuasa adalah :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN