Dedi Alghifary
Dedi Alghifary Pemuka Agama

Belajar Tawadhu dan Khusyu

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Bersikap Tawadhu

2 April 2023   15:40 Diperbarui: 2 April 2023   16:56 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bersikap Tawadhu
Ustadz Dedi S. Al Ghifary SPd.I.   Ketua Majlis Ta'lim  An Nahl Cendekia

Bersikap Tawadhu

Bismillah
Saudaraku Fillah.  Bersikap tawadhu atau rendah hati kepada orang lain merupakan salah satu tuntunan ajaran pokok dalam Islam. Rasululloh saw.  menjadi contoh sikap tawadhu dalam menjalani kehidupan bermasyarakat Nabi saw. selalu mengedepankan sikap rendah hati kepada siapa pun tanpa memandang status sosial, ras dan golongan.

Ulama besar  Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab Nashaih al-Ibad (Nasihat-nasihat kepada para hamba) menjelaskan dengan menukil ungkapan dari  Syekh Abdul Qadir al-Jilani radliyallahu 'anh sebagaimana berikut:

Jika kamu bertemu salah seorang, maka pandanglah bahwa dia memiliki keutamaan dibandingkan dirimu, dan (tanamkan dalam hatimu) katakan bahwa bisa jadi menurut Allah dia lebih baik dan lebih tinggi derajatnya dibandingkan diri sendiri.

Jika melihat orang yang lebih muda, maka katakan bahwa dia tidak (belum) melakukan dosa kepada Allah, sementara saya telah melakukan dosa kepada-Nya, maka tidak dapat dibantah lagi bahwa dia lebih baik daripada saya.

Jika melihat orang yang lebih tua (umurnya) maka katakan bahwa dia telah lebih dulu beribadah kepada Allah dibandingkan saya.

Wallahu a'lam

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun