Dani ZainuI Ilah
Dani ZainuI Ilah Mahasiswa

Jadilah motivator yang berisi

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Penguat Tali Persaudaraan dengan Halal Bihalal

23 Mei 2021   14:46 Diperbarui: 23 Mei 2021   14:48 215 2 0

Sebagai umat muslim yang senantiasa menjalin persaudaraan antar sesama, maka tidak asing lagi dengan kalimat "Halal Bihalal". Halal bihalal tentunya dimaksudkan sebagai sarana penyambung tali persaudaraan keluarga besar agar tetap terjalin dengan kuat. Bahkan, tidak lain tujuan dari halal bihalal yakni mendekatkan yang jauh dan merekatkan yang dekat.

 Dalam ayat Al Qur'an juga sudah diperintahkan dalam QS. Ar-Ra'd ayat 21:

Artinya: "dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah SWT agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhan-Nya dan takut kepada hisab yang buruk,"

Dapat diketahui, bahwa pada ayat tersebut memerintahkan agar umat manusia senantiasa menghubungakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT yaitu mengadakan hubungan silaturrahim dan tali persaudaraan.

Penguat tali persaudarann yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan halal bihalal, suatu perantara yang dapat mengumpulkan para sanak saudara yang jauh dengan fungsi untuk mengharmoniskan hubungan dengan cara saling memaafkan.

Manfaat halal bihalal antara lain, sebagai berikut:

1. Moment untuk saling minta maaf

Karena menyadari bahwa manusia tidak luput dari kesalahan. Maka, halal bihalal adalah moment yang sangat tepat bagi umat muslim untun meminta dan memberikan maaf. Halal bihalal muncul sebagai ungkapan saling membersihkan diri dari kesalahan dan kekhilafan untuk saling memaafkan.

2. Mempererat persaudaraan

Yang sebelumnya tidak kenal, jadi kenal dengan adanya halal bihalal, kumpul bersama keluarga di hari Lebaran. Berkunjung kerumah saudara yang jauh maupun yang dekat, membuat hubungan kekeluargaan semakin erat.

3. Menghapus penyakit hati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN