Cucum Suminar
Cucum Suminar Full Time Blogger

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Saya (Pernah) Hobi Koleksi Foto Artis

5 Mei 2021   10:02 Diperbarui: 5 Mei 2021   10:17 663 18 14
Lihat foto
Saya (Pernah) Hobi Koleksi Foto Artis
Kiri ke kanan, Dewi Rika, Joe Richard, Atalarik Syach, Shandy Syarif. | Dokumentasi Pribadi

Saya hobi membaca. Untuk mengakomodir hobi saya, saat saya duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), mama kerap membelikan saya majalah anak-anak, yakni Bobo dan Aku Anak Saleh. Awalnya mama membeli eceran, tetapi karena suka kehabisan edisi terbaru akhirnya memutuskan berlangganan di salah satu tukang koran yang suka berkeliling di sekitar rumah.

Saat saya beranjak remaja, majalah anak-anak diganti dengan majalah remaja. Namun, karena harga majalah remaja lebih mahal dari majalah anak-anak, mama hanya mengizinkan saya berlangganan satu majalah. Akhirnya saya memilih untuk berlangganan Majalah Gadis. Pertengahan tahun 1990-an, harga Majalah Gadis kalau tidak salah Rp2.950, harga Majalah Bobo sekitar Rp1.200.

Nah, efek suka membaca majalah remaja ini saya jadi hobi mengkoleksi foto artis, model lebih tepatnya. Apalagi dulu ada teman sekelas saya sewaktu SMP suka berkorespondensi dengan banyak model. Ia kerap mengirim surat kepada model-model tersebut, dan dibalas. Si model biasanya memberikan foto dirinya plus tanda tangan.

Teman saya itu bercerita dengan penuh rasa bangga. Terkadang dari nada suaranya menyiratkan kalau yang lain tidak  akan bisa melakukan hal tersebut. Saya yang memang rada-rada berjiwa kompetitif, merasa tertantang juga melakukan hal tersebut. Akhirnya ikut-ikutan mengirim surat ke beberapa model. Apalagi zaman dulu, setiap kali si model diprofilkan di majalah suka dicantumkan alamat rumahnya.

Teman saya itu dulu mengidolakan Atalarik Syach (Arik). Ia kerap mengatakan Arik itu model terkenal, ganteng, tidak semua fans yang mengirim surat akan dibalas. Dulu saya tidak tahu siapa itu Atalarik Syach. Setiap membaca majalah, saya lebih suka membaca cerita pendek, atau artikel-artikel edukasi yang bermanfaat.

Model-model yang menghiasi majalah tidak terlalu saya perhatikan. Namun, karena hampir setiap hari mendengar cerita tentang Atalarik Syach, saat Majalah Gadis baru datang, saya jadi suka memperhatikan. Saya juga mulai mengirim surat kepada Arik. Biar gampang dan bisa langsung dipamerin ke teman saya itu saat suratnya dibalas, saya pakai alamat sekolah.

Foto Atalarik Syach. | Dokumentasi Pribadi
Foto Atalarik Syach. | Dokumentasi Pribadi
Ternyata beberapa minggu kemudian surat saya dibalas. Heboh deh satu kelas. Namun, saat itu saya berpikir, kalau hanya dibalas satu kali, biasa. Saya mau luar biasa biar teman saya itu tidak sombong lagi hehe. Saya kirim surat lagi ke Atalarik Syach. Ternyata dibalas lagi. Heboh lagi satu kelas.

Ternyata saya keterusan hingga mengirim surat beberapa kali. Tanpa sadar saya juga jadi ngefans sama mantan suami Tsania Marwah tersebut. Hingga SMA saya suka mengumpulkan beragam artikel tentang Atalarik Syach. Beli beragam majalah hingga tabloid. Pas kuliah saya juga sempat bela-belain ikut jumpa fans biar bisa bertemu langsung dengan Atalarik Syach sampai sempat mau kecopetan saking berjubelnya fans yang hadir.


Bercita-cita Menjadi Wartawan

Efek hobi mengoleksi foto artis, saya jadi bercita-cita menjadi wartawan. Saat membaca profil artis atau liputan konser penyanyi dan boyband terkenal, saya terkadang suka iri kepada wartawan yang meliput. Duh, enak banget ya bisa bertemu dengan artis terkenal, bisa mengobrol langsung, bisa foto bareng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN