Cucum Suminar
Cucum Suminar Full Time Blogger

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ini Aplikasi Wajib Install Saat Liburan

3 Juni 2019   23:59 Diperbarui: 4 Juni 2019   00:12 44 10 2
Lihat foto
Ini Aplikasi Wajib Install Saat Liburan
Sumber: Liputan6.com

Lain zaman, lain yang harus dipersiapkan. Dulu saat liburan, hal yang wajib dipersiapkan adalah dana yang memadai untuk menyokong kita menikmati hari. 

Terlebih bila kita melakukan perjalanan ke luar kota. "Uang lebih" harus ada di kantong untuk berjaga-jaga, terutama uang dalam pecahan kecil.

Selain itu, bila berkunjung ke tempat baru yang masih belum familiar, kita juga harus mau sedikit repot bertanya ke beberapa orang sekitar. Alhasil selama perjalanan, harus mau turun naik kendaraan pribadi untuk menanyakan arah agar kita tidak kesasar. Atau setidaknya bila naik angkutan umum, bawel kepada kondektur bus untuk diturunkan di tempat terdekat dari tujuan.

Selain itu juga kita harus menyiapkan buku bacaan agar tidak bosan di perjalanan. Saat antre atau menunggu sesuatu, kan sangat menyiksa bila bengong-bengong saja. Oleh karena itu, perlu membawa buku bacaan atau setidaknya majalah yang menarik untuk dibaca sebagai teman di perjalanan.

Namun itu dulu. Sekarang kita hanya perlu sebuah smartphone yang diisi dengan beragam aplikasi sesuai kebutuhan. Nah selama liburan, terutama libur lebaran, ada beberapa aplikasi telepon selular yang menurut saya wajib kita install. Apa saja? Ini daftarnya.

Maps
Ini aplikasi wajib install, terutama bila kita akan berkunjung ke suatu tempat yang belum begitu familiar. Daripada bertanya kepada orang asing yang tidak dikenal, lebih baik mengandalkan aplikasi penunjuk arah. Selain lebih dipercaya, kita juga tidak harus letih turun naik kendaraan pribadi bertanya ke warga sekitar.

Bagi sebagian orang, bertanya tanpa turun dari mobil atau sepeda motor itu kurang sopan. Padahal terkadang situasi tidak memungkinkan untuk turun dahulu dari kendaraan. Belum lagi bila orang yang ditanya tidak amanah. Arah yang seharusnya ke kanan, dibilang ke kiri. Alhasil bukannya sampai ke tujuan, malah nyasar.

Selain itu, terkadang di lokasi saat kita bingung dengan arah yang akan kita ambil. Tidak ada orang yang bisa kita mintai tolong untuk menunjukan arah. Terlebih bila kita sampai di tempat tersebut di waktu-waktu ajaib, misalnya terlalu pagi, atau malah terlalu malam. 

Sehingga, memang tidak ada orang untuk kita tanyai. Nah aplikasi peta daring bisa kita manfaatkan kapan saja. Terlebih sekarang jalan-jalan di kota besar di Indonesia sudah terhubung dengan aplikasi tersebut. 

Sekarang, tinggal duduk, jalankan aplikasi tersebut melalui ponsel pintar kita. Insya Allah kita akan sampai di tujuan sesuai harapan.

Mobile Banking
Ini juga aplikasi wajib ada saat liburan. Terlebih sekarang sudah banyak transaksi yang menggunakan pembayaran non tunai. Kini liburan tak perlu pusing membeli tiket pesawat secara manual. Datang langsung ke counter maskapai penerbangan atau biro perjalanan, memilih waktu keberangkatan, terus membayar secara cash.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN