Casmudi
Casmudi Full Time Blogger

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 dan 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Menu Berbuka Puasa yang Sederhana

17 April 2021   04:21 Diperbarui: 17 April 2021   04:23 1043 4 0
Lihat foto
Menu Berbuka Puasa yang Sederhana
Menu berbuka puasa sederhana: perpaduan minuman manis, kurma, risoles isi sosis ayam, sayur daun karika dan sambal bakso ayam (Sumber: dokumen pribadi)

"Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya". (HR. Bukhari dan Muslim)

Waktu berbuka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu, bagi orang yang berbuka puasa. Setelah lebih dari 12 jam menahan, lapar, dahaga dan berbagai hal yang membatalkan puasa. Maka, waktu berbuka puasa menjadi waktu untuk menghilangkan segala rasa lapar dan dahaga.

Dengan kata lain, waktu berbuka puasa menjadi waktu untuk membatalkan segala syarat sahnya puasa. Maka, menyegerakan waktu berbuka puasa adalah sebuah kebaikan. Dari Sahl bin Sa'ad Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka". (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak orang yang mempersiapkan menu terbaik untuk berbuka puasa. Bagi orang yang mempunyai uang lebih. Maka, mereka mempersiapkan menu mewah untuk berbuka puasa. Bahkan, mereka tidak segan-segan berbuka puasa di restoran mewah. Namun, bagi yang mempunyai uang pas-pasan, maka mereka mempersiapkan menu berbuka puasa secara sederhana.

Saya pribadi mencoba mempersiapkan menu berbuka puasa secara sederhana. Menu yang saya olah sendiri bersama istri tercinta. Adapun, menu berbuka puasa tersebut adalah:

1. Minuman manis dari sirup yang sering ngiklan setiap menjelang bulan Ramadan.

2. Kurma.

3. Nasi pulen.

4. Risoles isi sosis ayam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN