Casmudi
Casmudi Full Time Blogger

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

5 Hal Ini Bisa Anda Lakukan Menjelang Hari Raya Lebaran

13 Juni 2018   07:37 Diperbarui: 13 Juni 2018   08:32 1098 0 0
Lihat foto
5 Hal Ini Bisa Anda Lakukan Menjelang Hari Raya Lebaran
5 Hal yang bisa dlakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri (Sumber: http://prcomm.com.sg/diolah

Hari Raya Idul Fitri atau Hari Lebaran adalah hari kemenangan yang menarik banyak orang. Pernahkah anda tahu bahwa Hari Raya Lebaran  merupakan cara ampuh untuk pemerataan pembangunan? Hampir sebelas bulan para pemudik menghabiskan penghasilannya (baca: uang) dipusat-pusat perekonomian di perkotaan.

Dengan adanya Hari Raya Lebaran, maka pusat perbelanjaan atau  pasar-pasar tradisional di kampung halaman kini menangguk keuntungan. Berbagai  sentra perekonomian di kampung-kampung diburu pemudik untuk keperluan hari raya. Pusat perekonomian telah bergeser untuk sementara waktu ke kampung-kampung.

Menjelang hari raya Lebaran, setiap orang mulai sibuk mengurusi berbagai keperluan untuk hari raya. Dari kalangan kelas bawah  hingga kelas atas bersuka cita menyambut Hari Raya Lebaran. Gelak tawa dan senyum sumringah menyelimuti setiap wajah pemudik dan sanak saudara. Mereka bergembira bisa berkumpul bersama-sama untuk merayakan hari kemenangan umat Islam.

Nah, banyak hal yang bisa anda lakukan menjelang Hari Raya Lebaran. Meskipun,  setiap orang berbeda kepentingan dan pandangan tentang hal-hal yang bisa dilakukan menghadapi hari raya. Berikut, hal-hal yang bisa anda lakukan menjelang hari raya:       

  • Jalan-jalan 

Saat anda berada di kota maka anda tidak tahu tentang perkembangan kampung halaman anda. Maka, saat anda mudik ke kampung halaman, anda juga bisa melakukan aktivitas jalan-jalan di tempat-tempat menarik di sekitar tempat tinggal kampung halaman anda.

Bahkan, tempat wisata yang ada mungkin lebih bagus dan alami dari pada spot wisata saat anda tinggal di perkotaan. Tentunya, spot wisata yang ada di kampung halaman biasanya lebih alami. Rugi besar jika anda tidak menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke tempat wisata menarik sekitar tempat tinggal di kampung halaman anda.

 Jangan sampai anda pulang kampung tetapi bagai katak dalam tempurung. Tahunya hanya tempat tinggal orang tua dan saudara saja. Jika anda suka atau berjiwa traveling maka jalan-jalan akan membuat anda semakin mencintai alam Indonesia, menambah wawasan, selalu kangen kampung halaman dan tinggal di kampung halaman tidak membosankan.  

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Jalan-jalan menjelang hari raya membuat lebih bahagia menjelang hari raya Lebaran di kampung halaman (Sumber: dokumen pribadi)
  • Beres-Beres Rumah

Sepertinya, aktivitas bere-beres rumah menjadi aktifitas wajib menjelang hari raya. Membersihkan kondisi rumah dan mengatur kondisi perabotan agar tampil menarik di hari raya merupakan dambaan setiap orang. Tentunya, aktifitas beres-beres rumah tidak terlau menguras kantong anda seperti membeli perelngkapan rumah yang baru dan mengecat kembali cat rumah lama yang belum terlihat kusam.

Mendesain rumah agar terlihat cantik dan  elegan menjadi keinginan di hari raya Lebaran. Apalagi, jika sang empunya rumah adalah orang berada atau public figure di daerah yang sering melakukan open house.  Maka, beres-beres rumah hingga mendesain ulang kondisi rumah menjadi hal yang sering dilakukan.

Tetapi, bagi anda yang mempunyai kondisi keuangan yang pas-pasan maka beres-beres rumah sebatas mengatur kondisi perlatan rumah tangga agar tampil lebih rapi menjadi alternatif yang bisa anda lakukan menjelang hari raya. Beres-beres rumah tidak harus mewah karena harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3