ENI  Rahayu
ENI Rahayu Penulis

Teacher, Blogger, Mompreneur, Writer bundadzakiyyah.com | bundaeni.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Puasa Tuntas Sampai Maghrib dengan 3 Kebaikan Alami Kojima

20 April 2021   14:25 Diperbarui: 20 April 2021   14:43 284 2 1
Lihat foto
Puasa Tuntas Sampai Maghrib dengan 3 Kebaikan Alami Kojima
Putri Sulung Saya Kelas 4 SD (dok.pri)

Tahun ini putri sulung saya sudah kelas empat SD. Seperti Ramadan tahun lalu, kali ini dia berniat puasa full sampai maghrib selama satu bulan. Saya pun mengamini niat tulusnya sembari berdoa agar dia bisa puasa tuntas selama 30 hari.

Pada hari pertama puasa, ada sedikit drama yaitu putri saya mengeluh lemas dan tidak bertenaga. Dalam hati saya merasa kasihan padanya tapi tetap saya berikan semangat lha wong kurang 3 jam saja.

Saya persilahkan dia rebahan di kasur sambil nonton film favoritnya. Hingga akhirnya adzan mahgrib berkumandang dan anak saya langsung berbuka dengan yang manis yaitu kurma setelah sebelumnya minum air putih.

Saat sahur pada hari kedua, anak saya penasaran dengan menu sahur saya yang sangat sederhana yaitu sepiring buah segar, madu, dan kurma.

"Apa Bunda nggak kuat sahur buah aja?" anak saya kepoh.

"Insyaallah, kan ada kurma, madu, dan air putih 1 liter," jawab saya.

Sahur dengan madu dan kurma saja bisa kuat puasa hingga waktu berbuka, benarkah?

Saya sih sudah membuktikannya ya, kalau pas sahur minum madu dan kurma insyaallah aman deh sampai maghrib. Tidak terasa ngantuk ataupun lemas karena puasa. Eh, kalau lapar sih tetep ya namanya juga puasa. Kebetulan Ramadan kali ini adalah tahun ketiga saya sahur dengan madu dan kurma.

Caranya cukup mudah dan nggak ribet kok.

  • Awali dengan niat yang kuat

Niat adalah yang utama karena niat itu salah satu kunci kita dalam berbuat apa saja. Tanpa niat, sahur dengan apapun ya tetap saja nggak akan kuat puasa seharian. Niatkan berpuasa hanya karena Allah SWT.

  • Minum air putih minimal satu liter saat sahur

Saat bangun tidur jam 2.30 pagi saya biasakan untuk minum 1 gelas (250 l) air putih (air bening) hangat untuk mengaktifkan organ pencernaan (seringnya sih ditambah jeruk nipis ya).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN