Ayra Amirah
Ayra Amirah Lainnya

Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. Kita sholat, ajak juga anak kita. Orang tua jujur, ajarkan juga kejujuran pada anak-anak.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Hobi Koleksi: dari Tersegar, Cantik, sampai Membuat Geleng Kepala

5 Mei 2021   11:07 Diperbarui: 10 Mei 2021   03:00 1518 20 10
Lihat foto
Hobi Koleksi: dari Tersegar, Cantik, sampai Membuat Geleng Kepala
ilustrasi koleksi uang kuno. (Foto: KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)

Di mana-mana, di berbagai belahan dunia, banyak orang yang hobi mengoleksi atau menyimpan barang-barang. Baik itu barang lama yang sifatnya antik, kuno, langka, kekinian, bahkan barang rongsokan. 

Saya sendiri kurang suka mengumpulkan barang apapun. Nyatanya, setelah diingat-ingat dan digeledah, tetap saja ada barang-barang yang dikoleksi secara tidak sengaja. Bahkan ternyata ada yang sengaja juga.

Mengoleksi artinya, dari waktu ke waktu jumlah barang tersebut akan terakumulatif/bertambah. Membutuhkan ruang lebih besar, membutuhkan perhatian atau perawatan, bahkan bisa berarti sebagai sampah. 

Nah, sebenarnya, apa yang mendorong hobi unik ini?

1. Hobi menanam/koleksi bunga

Hobi koleksi tanaman Miana (dokpri)
Hobi koleksi tanaman Miana (dokpri)
Yang satu ini, tidak aneh. Malah hobi yang bermanfaat menciptakan kesegaran di lingkungan rumah. Menambah sirkulasi udara, menyejukkan dan sedap dipandang mata. Belakangan hobi ini malah menjadi tren dengan mengunggulkan jenis tanaman tertentu.

Hobi menanam bunga (dokpri)
Hobi menanam bunga (dokpri)

2. Hobi mengumpulkan aksesoris

Menurut KBBI aksesori artinya pemanis atau pelengkap busana. Bisa berupa kalung, gelang, bros, jam tangan, jepit rambut, bandana, peniti bahkan ikat pinggang.

Aksesori wanita (dokpri)
Aksesori wanita (dokpri)
Sekalipun kaum pria juga mempunyai aksesori untuk menunjang penampilannya, kaum wanita biasanya mempunyai koleksi dan jumlah lebih lengkap. Tidak heran pedagang aksesori bertebaran diberbagai tempat. Mulai dari yang murah sampai yang mewah.

Manfaat untuk menunjang penampilan, menaikkan preatise, bahkan mengikut tren-lah yang mendorong hobi universal ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN