Ayu Bejoo
Ayu Bejoo Jurnalis

Moody Writer

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Berikut Beberapa Skill yang Cocok Memenuhi Hari Anda di Bulan Ramadan!

15 April 2021   22:21 Diperbarui: 15 April 2021   22:37 176 0 0
Lihat foto
Berikut Beberapa Skill yang Cocok Memenuhi Hari Anda di Bulan Ramadan!
Source: silabus.web.id

Bagi beberapa orang, mengembangkan keterampilan dalam mengerjakan sesuatu bukanlah hal yang mudah dilakukan, mengingat dibutuhkannya waktu yang lumayan. 

Kendati demikian, pada setiap bulan Ramadan orang-orang menjadi lebih aktif dalam berkegiatan, tidak hanya daily activity melainkan kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan. 

Bulan puasa yang terjadwalkan membuat orang-orang mudah dalam menjadwalkan kegiatan, tentu saja kegiatan yang paling utama adalah bagaimana mereka bisa lebih giat dalam beribadah, tidak hanya ibadah wajib saja, namun juga ibadah sunah lainnya.

Apalagi tadarus Quran, semua orang bahkan memiliki target sendiri-sendiri dalam mengkhatamkan Quran, bagi orang awam mungkin masyhur sekali khatam, namun ada beberapa golongan yang menargetkan hingga tiga kali khatam bahkan lebih dalam sebulan. 

Ini menunjukkan bahwa Ramadan merupakan bulan yang istimewa, di mana semua orang melakukan hal-hal yang berlebihan dari biasanya, bahkan menargetkan sesuatu yang mungkin saja di bulan-bulan lainnya sangat susah untuk mereka gapai. 

Ini juga terjadi pada saya, saya sudah terbiasa menargetkan khatam tiga kali pada bulan Ramadan, di mana waktunya akan saya bagi dalam 10 hari pertama, 10 hari pertengahan, dan 10 hari terakhir. Satu hari ditargetkan untuk tadarus 3 juz, namun ada beberapa hari yang bisa lebih, di mana termasuk hari potongan datang bulan (mens).

Kegiatan yang lain yang biasa saya targetkan adalah membaca buku, biasanya saya sudah mempersiapkan buku apa saja yang akan saya baca selama Ramadan, saya juga membagi waktu dalam membaca buku edisi Ramadan, biasanya saya membaca satu buah buku selama satu minggu, sehingga saya menargetkan khatam 4 buah buku selama Ramadan. 

Tidak hanya saya, bagi beberapa orang menargetkan membaca buku di bulan Ramadan juga sangat efektif, bahkan tidak hanya kegiatan membaca buku, ada beberapa golongan yang membuat target perihal menulis. Uniknya, skill-skill yang jarang bisa dilakukan di hari biasa, sangat mudah terupgrade di bulan puasa.

Skill yang sangat sering terlaksana di bulan Ramadan ialah skill memasak, sudah menjadi rahasia umum bulan Ramadan identik dengan berbagai macam takjil/jajanan, bagi beberapa kalangan, memasak untuk persiapan berbuka puasa maupun sahur adalah sebuah ketelatenan, hal yang lumrah terjadi di saat berpuasa ialah keinginan-keinginan untuk memakan segala macam jenis makanan, maka tak pelik bertambahnya skill memasak di bulan Ramadan ialah hal yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang sekiranya cocok memenuhi hari Anda di bulan Ramadan, semoga setelah membaca ini Anda lebih tercerahkan untuk menambah skill yang terpendam.

VIDEO PILIHAN