Fiola Asyifa
Fiola Asyifa Mahasiswa

Mahasiswa Agribisnis

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Sambut Hari Raya Idul Fitri di Ibu Kota pada Era Menuju Endemik, Senggangnya Jalanan Jakarta

14 Mei 2022   17:54 Diperbarui: 14 Mei 2022   18:06 488 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sambut Hari Raya Idul Fitri di Ibu Kota pada Era Menuju Endemik, Senggangnya Jalanan Jakarta
Lalu lintas di Jakarta Timur. Sumber: Fatma

Jakarta --- Saat hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah telah tiba, umat muslim di Indonesia pun turut merayakan hari kemenangan ini. 

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat Idul Fitri berlangsung adalah halal bihalal. Tampak situasi lalu lintas di Jakarta lengang saat akan melakukan halal bihalal. Hal ini terjadi karena pada tahun 2020 dan 2021 mudik dilarang oleh Pemerintah karena angka penularan Covid-19 yang meroket. 

Pada tahun 2022 Pemerintah telah mengizinkan untuk mudik yang menyebabkan antusias masyarakat Jakarta melakukan pulang ke kampung halaman masing-masing, sehingga lalu lintas di Jakarta cukup lengang. 

Sejumlah titik seperti daerah Jakarta Timur masih terpantau ramai lancar. Suasana Lebaran 2022 terasa berbeda karena tahun ini kebijakan pembatasan sosial yang mulai melonggar dan menuju endemik sehingga membuat suasana lebaran semakin semarak.

Meski demikian, kita harus tetap mewaspadai potensi arus lalu lintas terutama di daerah pusat belanja dan wisata. Mengingat tingkat kunjungan di tempat belanja dan wisata cukup meningkat selama periode lebaran 2022. 

Suasana di Neo Soho Central Park. Sumber: Aliifa
Suasana di Neo Soho Central Park. Sumber: Aliifa

Hal ini terlihat di salah satu pusat perbelanjaan yaitu Neo Soho Central Park yang masih ramai dikunjungi oleh masyarakat ibukota saat libur lebaran berlangsung.

"Kami mengunjungi mall untuk makan siang, berbelanja, dan menikmati waktu libur, meski di era menuju endemik, kami tetap menggunakan masker baik di dalam maupun luar ruangan," ujar Afa, salah satu pengunjung mall.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan