Any Sukamto
Any Sukamto Penulis

Ibu rumah tangga yang berharap keberkahan hidup dalam tiap embusan napas.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Menarik Minat Generasi Alfa Berwisata Sejarah ke Museum

19 April 2023   04:15 Diperbarui: 19 April 2023   05:19 822
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menarik Minat Generasi Alfa Berwisata Sejarah ke Museum
Katalog Museum Mpu Tantular/dokpri 

Menarik Minat Generasi Alfa Berwisata Sejarah ke Museum

Salah satu cara mengajak generasi Alfa mengenal masa lalu bangsa adalah dengan mengajak wisata sejarah ke museum. 

Museum sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, pelindung cagar budaya, juga berfungsi untuk melestarikan, membina, sekaligus mengembangkan budaya masyarakat. 


Selain sebagai tempat pembentukan ideologi, disiplin, dan pengembangan pengetahuan bagi publik, museum juga bertugas mengembangkan peran pendidikan dan menarik minat pengunjung lebih luas. Terlebih bagi generasi Alfa, generasi yang terlahir di era gadget sebagai alat komunikasi ke segala aspek kehidupan.

Gapura depan Museum Mpu Tantular/Dok Pribadi
Gapura depan Museum Mpu Tantular/Dok Pribadi


Keberadaan museum yang menyimpan koleksi benda bersejarah dan berumur ratusan tahun, seharusnya tak kalah menarik dibanding display kafe-kafe yang berkembang akhir-akhir ini. 

Sebagaimana kita lihat, banyak kafe bermunculan yang menawarkan nuansa klasik bahkan terkesan jadul. Barang-barang lama yang jadi koleksi pemilik kafe ditata sedemikian rupa, sehingga menambah kesan eksotik dan menarik pengunjung meski hanya sekadar minum kopi.

Jika keberadaan kafe yang tak memberikan tambahan ilmu saja bisa menarik minat generasi Alfa, bagaimana dengan museum yang banyak memberikan ilmu dan wawasan tentang kejayaan bangsa di masa lalu?

Dengan konsep penataan museum yang terbarukan, mungkin akan menarik minat pengunjung lebih banyak. Selain mempelajari benda bersejarah, kejayaan masa lalu, dan kebudayaan serta adat istiadat yang ada, pengunjung juga bisa berwisata atau hanya sekadar nongkrong di area museum. Sambil menikmati berbagai koleksi, mereka juga bisa menikmati hidangan yang disesuaikan dengan kondisi museum.

Sebagai gambaran, di sekitar taman atau lokasi yang penuh arca, di salah satu sudutnya bisa disediakan tempat duduk atau semacam coffee corner agar pengunjung bisa menikmati suasananya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun