Anton 99
Anton 99 Dosen

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Adab Berdoa Agar Dikabulkan

16 April 2021   21:59 Diperbarui: 16 April 2021   22:08 685 12 0
Lihat foto
Adab Berdoa Agar Dikabulkan
Ilustrasi Gambar: www.bharian.com.my

Setiap orang pasti ingin do'anya dikabulkan, akan tetapi masih banyak yang tidak tahu cara berdo'a yang benar yaitu memanjatkan do'a dengan memakai adab dan tata cara yang benar sehingga do'anya lebih mudah dikabulkan Allah SWT.

Kita harus ingat ketika berdo'a yang di hadapi dan kita mintai itu Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT., maksudnya kalau kita mau meminta sesuatu kepada seseorang saja harus menggunakan tata cara, adat dan sopan santun, apalagi ini meminta kepada Allah, justru harus lebih dari itu.

Artinya pada setiap kali berdo'a kita harus benar-benar menjaga dan memakai adab yang benar disamping memiliki wudhu, saat yang tepat dan kebersihan baik lahir maupun bathinnya.

Selaku umat yang beriman seyogianya memperhatikan adab-adab berdo'a dibawah ini dengan baik :

1. Hendaklah memulai berdo'a dengan diawali bismillah, hamdalah dan shalawat.

2. Do'a dipanjatkan dengan rasa khusyu', tadharru', merendahkan diri serta menyesal dihadapan Allah dan bersungguh-sungguh dalam menyampaikannya.

3. Saat berdo'a menghadap kiblat serta mengangkat kedua tangan setinggi bahu.

4. Menyampaikan do'a hendaklah dengan suara yang pelan-pelan, tidak terlalu keras dan tidak pula samar-samar (tidak jelas).

5. Memiliki keyakinan penuh bahwa do'anya tentu dikabulkan oleh Allah SWT., sehingga benar-benar selalu mengharap rahmat Allah SWT.

6. Mengakhiri do'a dengan Hamdallah dan shalawat.

7. Do'a dipanjatkan dengan dengan memakai perantaraan nama-nama dan sifat-sifat Allah sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an dan hadits.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN