Annisa Novasari
Annisa Novasari Mahasiswa

Annisa Novasari merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Parsel atau "Parcel"? Berikut Tips Selektif dalam Membeli "Parcel" Lebaran dan Ketepatan Penulisannya

5 Mei 2021   10:37 Diperbarui: 12 Mei 2021   16:44 464 16 2
Lihat foto
Parsel atau "Parcel"? Berikut Tips Selektif dalam Membeli "Parcel" Lebaran dan Ketepatan Penulisannya
Instagram: collins.parcel

Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari. Momen ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Banyak dari mereka yang memanfaatkan momen Hari Raya Idulfitri untuk mengunjungi keluarga dan sanak saudara guna mempererat tali silaturahmi. Tentunya mereka tidak datang dengan tangan kosong, melainkan membawa parcel sebagai bingkisan lebaran.

Dengan adanya pandemi Covid-19, tradisi tersebut sedikit berubah. Dari yang awalnya saling berkunjung dengan membawa parcel lebaran menjadi saling mengirimkan parcel lebaran dari rumah masing-masing. Namun, hal itu tidak mengurangi maksud dan tujuan dari pengiriman parcel lebaran yaitu sebagai bentuk terima kasih, sebagai ucapan lebaran, dan salah satu wujud berbagi.

Parsel atau Parcel?

Sebelum membahas tips selektif dalam membeli parcel lebaran, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penulisan istilah parcel yang tepat. Ternyata selama ini kita salah dalam menulis kata parcel. Sebenarnya, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak terdapat istilah parcel. Istilah yang tepat adalah parsel. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, parsel merupakan bingkisan yang berisi berbagai hadiah, seperti aneka kue, makanan dan minuman dalam kaleng, barang pecah belah, yang ditata apik dalam keranjang dan dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya. Sedangkan, istilah parcel merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya bungkusan, paket, bingkisan. Jadi, istilah parsel adalah kata yang tepat ketika merujuk pada bingkisan lebaran.

Tips Selektif dalam Membeli Parsel Lebaran

Mendekati Hari Raya Idulfitri, mulai banyak toko yang menyediakan bingkisan lebaran dengan ukuran dan jenis yang beraneka macam. Mulai dari parsel makanan, parsel peralatan ibadah, parsel kue kering, parsel pecah belah dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis parsel tersebut terdapat salah satu parsel yang perlu perhatian khusus ketika membelinya. Parsel yang dimaksud adalah parsel makanan.  Oleh karena itu, berikut tips selektif yang dapat dilakukan dalam membeli parsel lebaran:

1. Amati isi parsel dengan baik

Perhatikan berbagai produk dalam parsel yang telah disusun sedemikian rupa tersebut. Pilih parsel yang isinya dapat dilihat dengan jelas. Jangan ragu untuk menanyakan isi parsel kepada penjual agar tidak menyesal dikemudian hari.

2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk dengan teliti

Biasanya, tanggal kedaluwarsa produk dicantumkan dengan tulisan yang sangat kecil. Maka, usahakan teliti untuk mencari tanggal kedaluwarsa setiap produk. Pilih produk yang memiliki tanggal kedaluwarsanya lama, minimal satu tahun agar aman dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

3. Perhatikan setiap kemasan produk dalam parsel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN