Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Shalat Tarawih di Rumah Lebih Utama?

14 April 2021   14:55 Diperbarui: 14 April 2021   15:06 459 6 0
Lihat foto
Shalat Tarawih di Rumah Lebih Utama?
Sumber: gettyimages.fi

Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda "Barangsiapa melakukan qiyam ramadan (beribadah di malam ramadan) karena iman dan mencari pahala maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni" HR Muslim.

Salah satu keutamaan yang bisa kita lakukan di bulan ramadan yaitu menjalankan shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan sholat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh seluruh umat muslim sebab tingkatannya mendekati ibadah wajib. Sangat disayangkan apabila kita meninggalkan shalat tarawih, karena melaksanakan shalat tarawih hanya 1 bulan dalam satu tahun yaitu pada bulan ramadan saja, maka dari itu kita harus berusaha semaksimal mungkin mengerjakannya, ini kesempatan dan peluang kita untuk mendekatkan diri kita kepada Allah dan senantiasa menjalankan perintahNya. Alhamdulillah kita masih bisa bertemu dengan bulan suci ramadan tahun ini (2021).

Belajar ramadan dari tahun lalu (2020)

Berkaca dari tahun lalu (2020) saat pandemi, ada aturan baru bahwa shalat tarawih dikerjakan di rumah masing-masing, bahkan masjid ditutup. Ada rasa sedih menyelimuti karena ramadan tidak seperti biasanya. Karena biasanya umat muslim sangat antusias melaksanakan shalat tarawih bahkan beberapa masjid penuh sekali di malam hari hingga membludak shalat di pelataran masjid hanya demi menjalankan shalat tarawih. Bahkan malam pertama jadwal shalat tarawih beberapa orang berburu tempat untuk shalat. Suasana yang begitu hangat dan semangat sekali melaksanakan ibadah, wajar saja kerinduan itu hadir karena hanya 1 bulan dalam setahun.

Tahun lalu (2020) rasanya sepi sekali. Umat muslim harus menjalankan shalat tarawih di rumah masing-masing. Namun hal tersebut menjadi pelajaran bagi semua, bahwa shalat tarawih bisa dikerjakan di rumah, tidak harus selalu di masjid. Itulah salah satu kemudahan dalam agama islam, yang tidak mempersulit umatnya dalam beragama terutama pada kondisi tertentu. Memang alangkah indahnya ketika bisa shalat berjamaah di masjid untuk meraih pahala yang besar karena dilaksanakan bersama.

Lalu shalat tarawih lebih utama dimana?

ketika kondisi sedang pandemi shalat tarawih di rumah lebih utama untuk menghindari kemudaratan, supaya kita terhindar dari wabah penyakit pandemi. Oleh sebab itu pemerintah menghimbau masyarakat untuk shalat tarawih pada tahun lalu (2020) di rumah saja.

Bagaimana dengan ramadan tahun ini (2021)?

Beberapa masjid sudah dibuka dan boleh mengadakan shalat tarawih berjamaah, namun kapasitas jamaah dikurangi, salah satu contohnya masjid al azhar yang menerapkan protokol kesehatan, serta membatasi jamaah hanya 500 orang saja padahal biasanya bisa menampung 1000 jamaah. Sehingga apabila tahun ini (2021) kita melaksanakan shalat tarawih di rumah pun tak mengapa, insyaAllah masih bisa meraih pahala dan keutamaannya. Selain itu kita pun bisa berjamaah bersama keluarga, serta menjadikan rumah lebih hangat penuh keberkahan dengan melakukan amalan ibadah kepada Allah.

Shalat tarawih sebetulnya dianjurkan dilaksanakan di rumah saja bagi wanita. Jangankan shalat sunnah tarawih, shalat wajib saja wanita dianjurkan melaksanakannya di rumah. Namun tak mengapa juga apabila wanita ingin ikut berjamaah di masjid. Belajar dari tahun lalu (2020) alangkah sebaiknya wanita mengerjakan di rumah saja karena lebih utama. 

Ketika bulan ramadan ada beberapa masjid yang melaksanakan shalat tarawih sangat cepat. Hal itu bisa saja mengurangi khusyuk dalam shalat dan gerakan yang kurang tuma'ninah. Tidak menyempurnakan beberapa gerakan shalat seperti saat rukuk, sujud atau saat duduk diantara dua sujud bahkan bacaan shalat pun sangat cepat. Padahal ada tata cara dalam membaca al-quran yang dikenal dengan tajwid. Ketika membaca sangat cepat terutama dibacakan saat shalat bisa jadi terdapat banyak kesalahan. Untuk itu apabila ada masjid yang shalat tarawih berjamaah seperti itu. Kita bisa memilih untuk shalat di rumah saja lebih utama sehingga menghadirkan rasa khusyuk. Karena ketika kita sedang shalat kita sedang menghadap Allah Subhanahu Wa ta'ala, Tuhan yang menciptakan kita semua.

Kesimpulannya melaksanakan shalat tarawih bulan ramadan 2021 bisa kita laksanakan di rumah. Jikalau mau berjamaah ke masjid perhatikan protokol kesehatan ya kompasianer. Niatkan segala sesuatu yang kita kerjakan untuk mencari rida Allah sebagai tujuan utama kita. Semoga kita bisa mendapatkan pahala dan meraih surgaNya. Selamat menjalankan ibadah di bulan ramadan.

VIDEO PILIHAN