Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Human Resources

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Olahraga Saat Puasa Ramadan, Jangan Lupa Perhatikan Beberapa Hal Ini!

20 April 2021   12:40 Diperbarui: 20 April 2021   14:24 407 4 0
Lihat foto
Olahraga Saat Puasa Ramadan, Jangan Lupa Perhatikan Beberapa Hal Ini!
Olahraga yoga. (foto: freepik.com/user18526052)

Momen berpuasa bukan lah alasan untuk jadi bermalas-malasan di rumah. Banyak dari kita yang memilih untuk tiduran, main handphone, nonton film, atau hanya nonton tv seharian. Padahal, banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan seperti berolahraga. 

Walaupun sedang berpuasa, kamu tetap bisa melakukan olahraga-olahraga ringan yang tidak mengganggu puasa. Olahraga harus tetap rutin dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta daya tahan tubuh yang baik. 

Saat dibayangkan, berolahraga saat puasa memang sulit dan cukup menguras energi. Namun, jika kamu melakukannya di waktu dan jenis olahraga yang tepat, maka tidak akan mengganggu proses berpuasa di siang hari. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat berolahraga di bulan puasa!

Waktu Olahraga

Hindari olahraga di siang hari, selain karena kamu sedang berpuasa, kamu pun akan mengalami dehidrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga saat pagi hari, sore menjelang buka, maupun setelah buka puasa. 

Dikutip dari thenational dan islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena perut dalam keadaan kosong. Melainkan waktu terbaik  berolahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka, karena tubuh sudah mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Saat menjelang berbuka, kamu bisa berolahraga sekitar 30 sampai 60 menit, karena tubuh bisa mendapatkan energi kembali langsung saat berbuka. Waktu ini menjadi waktu yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan olahraga. Alhasil,  kamu tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Hal inilah yang menyebabkan berolahraga sebelum buka merupakan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa. Tetap sesuai kemampuan ya, jangan dipaksakan!

Berbeda dengan olahraga sebelum berbuka, kamu bisa berolahraga 2 sampai 3 jam jika dilakukan setelah berbuka. Tunggu beberapa menit hingga semua asupan berbuka sudah dicerna oleh tubuh, baru kamu bisa melakukan olahraga sesuai keinginanmu.

Kamu juga bisa berolahraga setelah sahur, karena masih ada energi dari makanan sahur. Namun, pilihlah olahraga dengan intensitas ringan saja agar kamu tidak terlalu lelah dan masih kuat berpuasa sampai akhir. Sediakan pula energi untuk aktivitas lainnya yang akan kamu lakukan saat siang hari.

Jenis Olahraga 

1. Yoga

Olahraga Yoga. (foto: freepik.com)
Olahraga Yoga. (foto: freepik.com)
Yoga bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa. Yoga merupakan jenis olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak tenaga. Sehingga, kamu tetap bisa bergerak tanpa menguras banyak energi. Kamu bisa lakukan yoga selama 15-30 menit sehari. 

2. Jogging

Olahraga jogging. (foto: freepik.com/cookie_studio)
Olahraga jogging. (foto: freepik.com/cookie_studio)
Jogging juga bisa kamu lakukan dengan intensitas ringan pada saat pagi hari atau sore hari. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

3. Bersepeda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN