Ali Musri Syam
Ali Musri Syam Sekretaris

Pekerja, peduli dan tertarik dunia olahraga khususnya sepakbola, dunia satra, dan sosial politik. Karena Menulis adalah cara paripurna mengeja zaman, menulis adalah jalan setapak menjejalkan dan menjejakkan kaki dalam rautan sejarah, menulis menisbahkan diri bagi peradaban dan keberadaban. (Bulukumba, Makassar, Balikpapan, Penajam Paser Utara) https://www.facebook.com/alimusrisyam https://www.instagram.com/alimusrisyam/

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kerinduan Momen Ramadan, Buka Bersama di Masjid Paling Membuat Baper

16 April 2021   12:45 Diperbarui: 16 April 2021   13:34 713 61 5
Lihat foto
Kerinduan Momen Ramadan, Buka Bersama di Masjid Paling Membuat Baper
Kompasiana.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah atas segala nikmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga masih bisa menikmati hidup dan menjalani aktivitas keseharian kita.

Bagi umat Islam yang menunaikan ibadah puasa hari ini telah memasuki hari ke empat bulan suci Ramadan, masih dalam tahap fase awal bulan mulia ini, semoga kita semua dapat melalui dan mengisi hari-hari Ramadan kita dengan berbagai aktivitas rutin yang positif maupun ibadah yang mendatangkan pahala sebanyak-banyaknya.

Setiap datangnya bulan suci Ramadan maka banyak hal terasa istimewa, yang kita tidak temui pada sebelas bulan lainnya, karena keistimewaan dan tidak lazimnnya tersebut menjadikan ia sesuatu yang khas. Karena kekhasannya itu membuat kita sering merindukan agar berulang kembali sekarang ini.

Namun karena situasi dan kondisi sekarang ini, masih adanya pandemi ada beberapa momen khas Ramadan yang kita rindukan namun tidak bisa kita lakukan.

Bagi penulis, ada beberapa momen yang khusus dan khas dibulan suci Ramadan yang sering saya rindukan, antara lain:

  • Dimulai momen sahur;

Meski terasa berat bagi sebagian orang, khususnya bagi penulis sendiri untuk bisa bangun dini hari melaksanakan sahur, tapi itu menghadirkan suasana kebatinan yang luar biasa, sebab makan sahur merupakan berkah bagi Kita. Penulis berusaha sekuat mungkin untuk bisa melakukannya, dan Alhamdulillah memasuki hari keempat, situasi ini makin ringan.

“Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah”(HR. Bukhori Muslim)

  •  Salat subuh;

Dibulan suci Ramadan ini, menjadi momentum untuk bisa menunaikan salat subuh tepat waktu, tidak seperti dibulan lainnya, sebab setelah makan sahur, saya menunggu masuknya waktu salat subuh.

 "Siapa melaksanakan dua sholat bardain (Subuh dan Ashar) ia masuk surga". (HR Bukhori).

  • Salat Sunat Duha;

Alhamdulillah kebiasaan baik ini juga, masih bisa kita lakukan. Melakukan salat sunat diantara aktivitas pagi dan sebelum salat fardu duhur, sungguh membawa kenikmatan batin tersendiri.

 “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  • Salat Fardu lainnya: Zuhur, Asar, Magrib, Isya;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN