Sehatsaatpuasa

Diet Sehat Tanpa Biaya dengan Sebulan Berpuasa

13 Juni 2018   04:00 Diperbarui: 13 Juni 2018   04:11 386 0 0

Memiliki bentuk tubuh yang indah dan ideal, terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus adalah dambaan setiap wanita. Beberapa wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk mempercantik tubuhnya dengan melakukan berbagai perawatan yang mungkin langkah yang diambil bagi orang yang mempunyai banyak uang, yaitu misalnya di zaman sekarang ada yang namanya sedot lemak. 

Namun nyatanya cantik juga tidak harus mahal, jika ada yang alami. Jika kamu ingin menurunkan berat bedan, namun tidak ingin menguras banyak uang maka kamu bisa melakukannya dengan cara diet sehat. Meskipun tidak instan dan membutuhkan waktu yang mungkin lama, tapi menyehatkan bagi tubuh dan tentunya tidak menguras biaya yang banyak. Karena menjadi cantik dan sehat tidak perlu harus sakit dan berbiaya mahal, bukan? Ada berbagai diet hemat yang kini jadi tren. Selain membuat tubuhmu sehat, diet ini menyenangkan saat dilakukan, yaitu salah satunya dengan berpuasa

Berpuasa adalah diet yang sangat mudah dilakukan, berpuasa pada bulan Ramadhan misalnya, sebulan penuh kita berpuasa dan ini adalah waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan, jika kita sulit untuk diet dengan berpuasa sunnah. Kita pasti tahu, selain mendapat pahala dalam berpuasa di bulan Ramadhan, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu Allah mewajibkan kita untuk sebulan penuh berpuasa pada bulan Ramadhan. Diet dengan berpuasa di bulan Ramadhan adalah cara yang mudah dan tepat untuk dilakukan, yaitu pada saat sahur makan nasi dan serat yang cukup dan minum air putih agar tidak dehidrasi. 

Karena kita akan berhenti makan dan minum sampai terbenamnya matahari. Tetapi pada saat berbuka puasa juga perlu diperhatikan, biasanya kan kita pada saat buka puasa inginnya itu makan yang banyak kan? Dan kalau seperti itu tidak sama saja kita tidak bisa menurunkan berat badan. Nah, jadi pada saat berbuka puasa sebaiknya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berat. Anda harus untuk minum air putih dan memakan buah-buahan terlebih dahulu, dan setelah beberapa saat sekitar satu jam, untuk makan makanan yang memiliki karbohidrat atau nasi dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

Mungkin sebagian dari Anda belum sadar dengan begitu banyaknya manfaat diet dengan puasa. Tidak hanya sekadar mengistirahatkan organ dalam (terkhusus pencernaan), namun dengan puasa sebulan penuh cadangan cadangan yang selama ini disimpan dalam tubuh dapat digunakan, seperti cadangan protein, glukosa (gula), lemak, bahkan kolesterol. Puasa juga dapat mengolah dan mengalokasikan kelebihan dari glukosa, lemak, protein, dan kolesterol dalam tubuh pada bagian tubuh yang membutuhkan. 

Cadangan lemak makin menipis, gula darah pun juga makin berkurang. Produksi kolesterol jahat pun akhirnya berkurang. Selama menjalankan puasa, untuk mendapatkan efek yang baik bagi kesehatan Anda, sebaiknya Anda memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pada waktu makan sahur dan waktu berbuka puasa. Pada waktu sahur konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat dasar dan  karbohidrat komplek karena pengolahannya terhadap keduanya adalah untuk menghasilkan cadangan energy bagi tubuh untuk 12 jam lebih ke depan.

Yang termasuk ke dalam sumber karbohidrat dasar seperti nasi putih dan terigu, sedangkan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks adalah kentang, oatmeal, beras merah, dan roti gandum. Selain itu, konsumsilah banyak sayur dan buah buahan. Ini berfungsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat Anda mengonsumsi protein, sebaiknya pilih yang tidak berlemak. Hindari pula cara memasak dengan digoreng karena ini dapat menambah kolesterol jahat dalam tubuh. 

Sebagai gantinya, masak makanan Anda dengan dikukus, direbus, dan dibakar. Tumisan pun tidak mengapa, asalkan ganti minyak Anda dengan minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari. Komponen terbesar dari tubuh kita adalah air. Selama puasa berlangsung, otomatis konsumsi air Anda berkurang. Saat Anda berbuka konsumsilah air mineral sebanyak 2 gelas, saat malam hari 4 gelas, dan sebelum sahur 2 gelas. Hindari minuman yang menyebabkan Anda terus terusan ke kamar kecil karena ini akan menyebabkan Anda kekurangan air saat siang harinya.

Selain dapat menurunkan berat badan , diet dengan puasa juga dapat menyehatkan jantung (termasuk menurunkan kolesterol jahat), memperbaharui antibody, menjernihkan pikiran, dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Dan selain dari itu semua yang paling penting adalah hikmah yang kita dapatkan selama sebulan berpuasa di bulan Ramadhan yaitu :

  • Puasa melatih seseorang menjadi penyabar dan tahan marah, bersifat kasih sayang, berakhlak yang mulia dan kuat jiwanya dalam menahan hawa nafsu sehingga tidak selalu menuruti hawa nafsunya
  • Puasa akan meningkatan ketaqwaan seorang muslim
  • Puasa akan meningkatkan orang yang betapa besarnya nikmat Allah yang diberikan kepadanya
  • Puasa akan menghilangkan sifat sombong dari hati seseorang sehingga ia bersifat tawadhu' dan lemah lembut
  • Puasa kan menjadikan hati yang bersih dan lembut
  • Puasa akan mempersempit jalan peredaran darah dalam tubuh karena lapar dan dahaga. Dengan demikian, hal itu akan dapat mempersempit pula jalan setan didalam tubuh , karena setan berjalan dalam tubuh manusia melalui peredaran darah
  • Puasa akan menyehatkan tubuh karena puasa berarti menyedikitkan makan, dan mengistirahatkan alat pencernaan.
  • Puasa akan membiasakna umat Islam untuk hidup disiplin, bersatu, cinta keadilan dan persamaan, juga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang orang beriman dan mendorong mereka berbuat kebaikan terus menerus.

Jadi masih meragukan manfaat puasa Ramadhan? Selain mendapatkan hikmah dan pahala, juga menyehatkan bagi tubuh jasmani maupun rohani. Dan juga bisa menurunkan berat badan bagi wanita yang ingin memiliki tubuh yang ideal. Sebentar lagi juga memasuki bulan Ramadhan, selamat mencoba untuk yang ingin menurunkan berat badan.

SEMOGA BERMANFAAT !