Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Uang Lebaran Beres, Jangan Lupa Tahun Ajaran Baru!

30 Juni 2017   13:22 Diperbarui: 30 Juni 2017   13:29 371 4 1
Uang Lebaran Beres, Jangan Lupa Tahun Ajaran Baru!
(Uang THR dan uang sekolah anak/ sumber foto : prfmnews.com)

Lebaran Idul Fitri 1438H telah berlalu namun nuansa bulan syawal masih tetap dirasakan (maklum masih hutang puasa enam hari bulan syawal) serta ber hari raya bersama rekan kerja di pabrik serta tempat tinggal penulis di Cibitung, Bekasi. Sebagian masyarakat yang mudik dikampung halaman pun sudah kembali ke tempat mereka tinggal untuk bersiap kembali bekerja awal pekan depan.

Persiapan untuk menyambut hari raya Idul fitri 1438 H pun telah maksimal. Adanya gajian, THR (Tunjangan Hari Raya) hingga uang yang ditabung menjadi sumber dana untuk memperlancar berbagai hal yang ingin dilakukan. Menunaikan zakat fitrah hingga zakat maal, membeli baju baru untuk anggota keluarga, uang lebaran untuk sanak keluarga hingga urusan biaya transportasi dan liburan keluarga.

Hanya harus efektif dan efisien dalam penggunaan dana tersebut, jangan sampai kita maksimalkan setiap pos pengeluaran saat Hari Raya namun akan kedodoran dipos yang satu ini. Apa itu? Apalagi kalau bukan pos anggaran untuk menyambut tahun ajaran baru sekolah putera puteri kita yang akan dimulai per 18 juli mendatang. Jangan sampai kedodoran di anggaran pendidikan putera puteri kita.

Beruntung bagi yang sudah punya pos anggaran dari asuransi pendidikan misalnya. Atau ada juga perusahaan yang memberikan bonus tahunan saat masa anak-anak masuk sekolah sehingga pos anggaran pendidikan tidak bermasalah. Apalagi yang memiliki bisnis sampingan lalu bagaimana yang hanya mengandalkan anggaran dari pos gaji bulanan saja (plus lemburan tentunya).

Memaksimalkan anggaran lebaran dan mudik menjadi salah satu cara disaat gajian bulan depan akan cair setelah anak masuk sekolah. Hitung ulang kembali anggaran setelah dikurangi pos-pos penting (seperti angsuran rumah, dll) lalu anggarkan terlebih dahulu untuk pos pendaftaran anak sekolah baik yang naik kelas maupun juga yang naik level dari TK ke SD hingga yang ingin kuliah.

Bila semua pos sudah dimaksimalkan, harapan tentunya kelanjutan pendidikan putera puteri kita tidak bermasalah. Jika pun ada masalah, pasti orang tua yang putera puteri nya sekolah sudah memiliki cara-cara untuk menyelesaikannya karena tahun lalu situasi yang hampir sama dijalani walau momen gajiannya berdekatan dengan pendaftaran anak sekolah.

Selamat Idul Fitri 1438 H, Mohon maaf lahir dan batin !

Tegal, 30 juni 2017.