Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kontroversi Malaysia di Sepak Bola Sea Games 2017

28 Juni 2017   10:18 Diperbarui: 28 Juni 2017   18:14 3406 14 7
Kontroversi Malaysia di Sepak Bola Sea Games 2017
(Timnas Malaysia U23 dalam sorotan jelang Sea Games 2017 sebagaimana dilansir FAM.org.my)

Menjadi tuan rumah sebuah ajang turnamen internasional adalah sebuah keuntungan yang sayang untuk dilewatkan, termasuk di dalamnya menjadi tuan rumah cabor (cabang olaharag) sepak bola di Sea Games ke-29 2017. Bermain di depan publik sendiri yang akan dihadiri suporter yang memadati stadion tempat pertandingan dilangsungkan tentu menjadi modal berharga dalam menaklukkan lawan yang dihadapi hingga bisa tampil di partai puncak plus tampil sebagai juara dan meraih medali emas.

Selain itu kepastian menjadi unggulan pun didapatkan sebagai tuan rumah alias menjadi unggulan pertama sebelum drawing dilangsungkan. Namun menjadi pertanyaan manakala tuan rumah, Malaysia memiliki hak istimewa dalam masalah drawing sepak bola Sea Games 2017. Apa itu? Hak Malaysia selaku tuan rumah untuk memilih lawan yang akan dihadapi di fase grup Sea Games. Keputusan yang menimbulkan pro dan kontra di antara negara peserta sehingga AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN) pun harus bertindak.

Prosedur pembagian grup Sea Games 2017 pun menjadi salah satu menu panas utama yang akan dibahas alot dalam sidang tersebut. Selain tentunya tentang batas pemain yang boleh tampil (kalau tidak salah untuk kelahiran minimal 1 Januari 1995), stadion yang akan menjadi tempat dilangsungkan pertandingan hingga kuota pemain yang boleh didaftar untuk Sea Games 2017 yang dimulai pada 19 Agustus mendatang.

Opsi Pembagian Grup Sea Games 2017
Terlepas dari perdebatan soal hak istimewa Malaysia dalam memilih lawan di Sea Games 2017, ada beberapa opsi yang pantas diapungkan dalam prosedur pembagian grup Sea Games 2017.Sebagai tuan rumah, Malaysia tentu memiliki hak sebagai unggulan pertama dalam pembagian grup Sea Games yang akan ditempatkan di grup A atau grup B. Sedangkan unggulan pertama lainnya bisa diberikan kepada juara Sea Games 2015, Thailand atau pada peringkat tertinggi FIFA bulan berjalan.

Opsi unggulan diluar Malaysia sebagai tuan rumah adalah mengacu pada prestasi di Sea Games sebelumnya atau mengacu pada ranking FIFA bulan sebelum drawing dilansungkan. Dan ini daftar unggulan drawing sepakbola Sea Games 2017 versi dua opsi diatas.

  • Berdasarkan prestasi Sea Games 2015:
    - Unggulan Pertama: Malaysia, Thailand
    - Unggulan kedua: Vietnam, Myanmar
    - Unggulan ketiga: INDONESIA, Singapura
    - Unggulan keempat: Laos, Kamboja
    - Unggulam kelima: Timor Leste, Filipina
    - Unggulan keenam: Brunei Darussalam

  • Berdasarkan ranking FIFA per Juni 2017
    - Unggulan pertama: Malaysia, Filipina
    - Unggulan kedua: Thailand, Vietnam
    - Unggulan ketiga: Myanmar, Singapura
    - Unggulan keempat: Laos, Kamboja
    - Unggulan kelima: INDONESIA, Brunei Darussalam
    - Unggulan keenam: Timor Leste

Potensi Timnas Indonesia U22 berjumpa Malaysia dan Thailand besar sebagaimana kala Sea Games 2011 di Jakarta, Indonesia bila merujuk pada prestasi di Sea Games 2015 di Singapura.

PPA U23 2018, Ujian Timnas Indonesia jelang Sea Games 201

Kualifikasi Piala Asia U23 2018 pertengahan Juli mendatang menjadi kesempatan berharga bagi Timnas Indonesia U22 karena hasil drawing oleh AFC menempatkan Indonesia berjumpa dua lawan kuat di ASEAN.Bergabung digrup H, Timnas Indonesia berjumpa dengan tuan rumah, Thailand serta Malaysia dan Mongolia. Juara dan lima runner up terbaik berhak tampil di putaran final Piala Asia U23 yang juga menjadi kualifikasi Olimpiade 2020 Jepang.

AFC pun sudah merilis jadwal laga grup H yang laganya digelar di stadion Supachasai National Stadium, Bangkok mulai 19 Juli mendatang. Berikut jadwal yang telah dirilis oleh AFC grup H Pra Piala Asia U23 2018.

Rabu 19 Juli 2017: Indonesia vs Malaysia dan Thailand vs Mongolia
Jumat 21 Juli 2017: Mongolia vs Indonesia dan Malaysia vs Thailand
Minggu 23 Juli 2017: Malaysia vs Mongolia dan Thailand vs Indonesia.

Apapun nanti yang diputuskan Dewan AFF dalam sidangnya awal Juli mendatang, Timnas U22 asuhan Luis Milla tetap harus fokus dengan program yang telah dibuat agar mampu berprestasi di Sea Games 2017 sekaligus membungkam Malaysia dikandang mereka (jika bertemu tentunya).

#TimnasBISA