Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Administrasi

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Berlebaran Semakin Nyaman dengan Flazz BCA

15 Mei 2019   20:14 Diperbarui: 15 Mei 2019   20:17 52 5 1
Berlebaran Semakin Nyaman dengan Flazz BCA
Kartu Flazz BCA-Gramedia (dok. pri).

Selama Ramadan hingga lebaran kebutuhan masyarakat cenderung bertambah. Kebutuhan akan transaksi yang nyaman dan efisien pun ikut meningkat. BCA membantunya dengan menghadirkan kemudahan melalui pilihan produk dan layananannya. Salah satunya adalah Flazz BCA.

Kemarin sore pukul 16.00 saya mampir ke Toko Gramedia Sudirman Yogyakarta. Niatnya untuk mencari satu atau dua judul buku yang menarik untuk dibawa mudik nanti. 

Kebiasaan saya setiap bepergian, termasuk pulang kampung, adalah membawa bacaan. Bagi saya buku bacaan termasuk kebutuhan lebaran. Di sela-sela banyaknya aktivitas yang akan dilakukan di kampung halaman, membaca buku tidak boleh dilupakan. Waktu libur yang lumayan lama cukup untuk menyelesaikan membaca paling tidak satu buku.

Setelah beberapa menit tenggelam dalam rimba buku dengan menyusuri rak-rak buku biografi, sejarah, psikologi, dan fiksi, akhirnya ada sebuah buku yang menarik perhatian. Buku berjudul "Batas Nalar" saya ambil.

Di kasir saya membayar buku tersebut secara nontunai dengan Gramedia Card (Kompas Gramedia Value Card) yang merupakan produk Co-Branding bersama Flazz BCA. Dengan kata lain Gramedia Card pada dasarnya adalah kartu uang elektronik Flazz BCA dengan fungsi ganda, yakni sebagai alat pembayaran secara nontunai sekaligus sebagai kartu keanggotaan konsumen Gramedia.

Saya sudah menggunakan kartu Flazz BCA sejak 2013. Masih kuat di ingatan pengalaman pertama saya bertransaksi secara nontunai dengan kartu Flazz BCA saat itu adalah untuk membayar tiket bus Trans Jogja. Cukup dengan menempelkan kartu pada alat pemindai, saya bisa menikmati perjalanan nyaman dengan harga tiket yang lebih murah dibanding jika membelinya secara tunai.

Pengalaman pertama itu disusul dengan pengalaman-pengalaman berikutnya. Lewat kartu Flazz BCA saya merasakan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi secara nontunai menggunakan uang elektronik. Hingga kini kartu Flazz BCA selalu ada di dalam dompet dan ikut serta ke manapun saya pergi.

Pertama kali mengenal kartu Flazz BCA pada 2013 dan terus menggunakannya hingga kini (dok. pri).
Pertama kali mengenal kartu Flazz BCA pada 2013 dan terus menggunakannya hingga kini (dok. pri).

Banyak hal bisa dilakukan dengan kartu Flazz BCA. Menjelang lebaran, memiliki kartu Flazz BCA akan membantu kita dalam memenuhi beberapa keperluan. Berbelanja kebutuhan lebaran, membeli pakaian dan kue-kue, dan membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman bisa dilakukan dengan kartu Flazz BCA. Ada banyak gerai, mulai dari kelas minimarket, supermarket, pusat oleh-oleh, hingga merchant-merchant di pusat perbelanjaan yang menerima kartu Flazz BCA. 

Bertransaksi menggunakan kartu Flazz BCA sangat simpel. Selain tidak perlu membawa lebih banyak uang tunai, kita juga tidak akan kehilangan uang kembalian yang jika membayar secara nontunai sering dibulatkan atau diganti dengan permen. Belum lagi beragam keuntungan yang bisa didapatkan berupa diskon dan promosi.

Dengan kartu Flazz BCA kita juga bisa merasakan kenyamanan mudik melewati jalan tol. Banyak ruas tol baru yang akan beroperasi pada musim mudik 2019, terutama di sepanjang Trans Jawa dan Trans Sumatera. Keberadaan tol-tol tersebut akan menunjang kelancaran perjalanan kita menuju kampung halaman.

Sisa saldo Flazz BCA saya setelah digunakan untuk belanja pada 14 Mei 2019. Saldo bisa dicek dengan mudah menggunakan aplikasi BCA mobile pada smartphone ber-NFC (dok. pri).
Sisa saldo Flazz BCA saya setelah digunakan untuk belanja pada 14 Mei 2019. Saldo bisa dicek dengan mudah menggunakan aplikasi BCA mobile pada smartphone ber-NFC (dok. pri).

Namun, untuk bisa menikmati perjalanan mudik yang lebih nyaman dan lancar melewati jalan tol, pemudik harus membayar biaya tol secara nontunai. Kabar baiknya, kartu Flazz BCA bisa dengan mudah digunakan sebagai alat pembayaran tol tersebut. 

Kartu Flazz BCA juga memudahkan kita untuk mengajak keluarga berekreasi saat libur lebaran. Ada banyak tempat wisata yang melayani pembayaran menggunakan kartu Flazz BCA. Kita pun bisa mentraktir keponakan-keponakan kecil dengan mengajak mereka jajan menggunakan kartu Flazz BCA. Hal itu bisa menciptakan keseruan dan kesenangan sederhana tapi bermakna.

Meskipun demikian, kartu Flazz BCA bukan dimaksudkan agar kita sesuka hati berlaku konsumtif. Kita tetap perlu bijak dan mengendalikan diri dalam menggunakan uang elektronik seperti Flazz BCA.

Oleh karena itu, gunakan kartu Flazz BCA sebagai pelengkap alat pembayaran untuk pengeluaran-pengeluaran yang terencana. Tentukan sejak awal kebutuhan-kebutuhan lebaran yang pos pengeluarannya bisa dan akan dipenuhi dengan kartu Flazz BCA. Misalnya membayar biaya tol, mengisi bahan bakar, membeli oleh-oleh atau kebutuhan-kebutuhan kecil lain. Cara seperti itu diperlukan agar kita tidak terlena dengan kemudahan dan kenyamanan yang diberikan kartu Flazz BCA. Apalagi, saat mudik kita biasanya ingin menyenangkan banyak orang sehingga cenderung boros.

Sebaiknya periksa secara berkala saldo dalam kartu Flazz BCA. Dengan aplikasi BCA mobile dan perangkat smartphone yang dilengkapi fitur NFC kita bisa memeriksa saldo kapan saja. Cukup dengan mengaktifkan fitur NFC dan menempelkan kartu Flazz BCA pada bagian belakang smartphone, layar akan menampilkan nomor kartu, jumlah saldo, riwayat isi ulang dan transaksi. Berdasarkan informasi-informasi tersebut kita bisa mengendalikan penggunaan kartu Flazz BCA agar keuangan tidak tekor. 

Di sisi lain kita bisa mengetahui kapan harus mengisi ulang saldo kartu Flazz BCA dengan beberapa pertimbangan, antara lain agar tidak mengalami masalah saat hendak memasuki tol. Jangan sampai gara-gara saldo kartu Flazz BCA tidak mencukupi, kita gagal merasakan kenyamanan mudik lewat tol. 

Kabar baiknya, isi ulang kartu Flazz BCA bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa melalui channel dan layanan BCA, maupun gerai-gerai yang menerima pembayaran Flazz BCA. Saya biasanya melakukan isi ulang melalui kasir Gramedia.

Banyak hal bisa dilakukan dengan kartu Flazz BCA, termasuk untuk memenuhi kebutuhan menjelang dan selama lebaran (dok. pri).
Banyak hal bisa dilakukan dengan kartu Flazz BCA, termasuk untuk memenuhi kebutuhan menjelang dan selama lebaran (dok. pri).

Satu hal lagi yang sangat penting adalah menjaga kartu Flazz BCA sebaik mungkin. Kerusakan dan bahkan kehilangan kartu Flazz BCA sama artinya kehilangan uang.

Selamat berpuasa dan mempersiapkan lebaran. Pastikan selalu membawa serta kartu Flazz BCA.

***

Penulis: Hendra Wardhana

https://web.facebook.com/ndawardhana