Tutut Setyorinie
Tutut Setyorinie Mahasiswa

A muslimah. Author. Novel Reader. Painter. Stargazer. And a public accountant in the future. Aamiin! | 🥀 @tututsety | ✉️ tututsetyorinie@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Taman Mini, Wisata Andalan Si Perindu Kampung Halaman

27 Juni 2017   09:48 Diperbarui: 27 Juni 2017   20:45 1191 8 7
Taman Mini, Wisata Andalan Si Perindu Kampung Halaman
tmii-5951c2b00bb0bd93102d3f22.jpg

Lebaran telah tiba. Libur panjang siap menyapa. Tiket perjalanan ke kampung halaman telah jauh-jauh hari dipesan.  Namun apa daya bagi yang memiliki budget pas-pasan? Mungkin hanya dapat menggigit bibir sambil menepuk dada ketika menerima titipan kunci dari tetangga.

Tetapi jangan berkecil hati, kalian tetap bisa bernostalgia dengan kampung halaman dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Taman yang terletak di daerah Jakarta timur ini mengusung tema wisata budaya Indonesia, yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Walau bernama “Taman Mini” namun percayalah, taman seluas 150 hektar ini sungguh tidak dapat dikatakan “mini”. 

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang, kamu bisa bebas berkeliling di taman yang mewakili kekayaan di 33 provinsi di Indonesia ini. Namun alangkah baiknya bila kamu membawa kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, karena akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mengelilingi taman seluas 1,5 kilometer persegi ini dengan berjalan kaki.

Lantas apa saja tempat yang wajib dikunjungi di taman yang mempunyai nama lain Beautiful Indonesia Miniature Park ini?

1. Anjungan Daerah

anjungan Sumatera Barat di TMII
anjungan Sumatera Barat di TMII

Rindu kampung halaman? Berarti kamu wajib mengunjungi anjungan yang berdiri bangunan dan rumah adat khas 33 provinsi ini. Kamu berasal dari Padang? Kunjungi anjungan Sumatera Barat yang menampilkan rumah Gadang asli dengan bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, jendela, dan tangga yang sama. Kamu asli Bali? Kunjungi anjungan yang menampakkan Gapura Candi Bentar khas Bali.

Jadi, bagi kamu yang sudah mulai lupa akan rumah adat, pakaian adat dan senjata tradisional, anjungan daerah di TMII ini bisa membantu untuk mengingatkan kembali. Tapi kalau kamu mulai lupa dengan mantan, itu adalah suatu hal yang tidak perlu diingatkan kembali. Heuu!

2. Aneka Museum

Museum pusaka TMII
Museum pusaka TMII

Yesterday is history, tomorrow is a mystery,  but today is a gift, that’s why it’s called the present. Masa lalu merupakan sejarah. Sejarah adalah guru yang paling berharga. Maka dari itu, dalam pidato terakhirnya, Sokerano menyebutkan “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.”

Museum merupakan wujud nyata dalam mengingat sejarah. TMII menyediakan sekitar 18 museum, seperti museum transportasi, museum perangko, museum penerangan, Bayt Al-Quran dan museum Istiqlal, museum pusaka, pusat peragaan iptek, dan lain-lain. Semuanya bisa kamu jelajahi dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 sampai Rp 25.000. Cukup murah untuk belajar dari guru paling berpengalaman, bukan?

3. Danau Kepulauan

danau miniatur kepulauan Indonesia
danau miniatur kepulauan Indonesia

Bosan melihat danau biasa dengan air hijau kecoklatan? Maka kamu harus berkunjung ke danau TMII. Danau ini bukanlah danau biasa, karena danau ini menggambarkan miniatur Indonesia yang terdiri dari 5 pulau besar, dan ribuan pulau kecil di sekitarnya.

Selain menikmati pandangan dari atas, kamu juga bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu angsa yang digowes manual ataupun mesin. Cukup rogoh kocek sebesar Rp 40.000 untuk satu angsa manual atau Rp 20.000 per orang untuk angsa mesin, kamu dapat merasakan bahwa Indonesia merupakan negara mahaluas dengan lautan dan kepulauannya.

4. Tugu Api Pancasila

tugu api Pancasila TMII
tugu api Pancasila TMII

Jika Paris mempunyai menara Eiffel, Tokyo punya Tokyo tower, dan Jakarta punya Monas, maka Taman mini punya monument berbentuk lima buah keris yang menjulang di bawah kolam air bernama Tugu Api Pancasila.

Tugu yang selalu ramai dikunjungi di kala hari libur ini mempunyai gambaran tentang tanggal proklamasi Republik Indonesia yakni 17 Agustus 1945. Kolam airnya bergaris tengah 17 meter, keris yang berjejer melingkar terdapat rongga kosong dengan jarak 8 meter, sedangkan tugu yang berbentuk 5 keris itu menjulang setinggi 45 meter.

5. Teater Imax Keong Emas

Teater Keong Emas
Teater Keong Emas

Kalau biasanya gedung bioskop berbentuk kubus ataupun balok, maka lain halnya dengan biskop di TMII yang mengusung bentuk keong emas. Sebagai legenda terkenal di Indonesia, tidak salah kiranya mengambil keong emas sebagai gedung teater berteknologi IMAX.

Namun bukan kecanggihan IMAX yang diminati pengunjung, tetapi bentuk gedung inilah yang diminati dan kerap kali dijadikan latar foto bersama keluarga. Bagi kamu yang tidak bawa ataupun tidak punya kamera bagus (seperti saya) jangan takut, disini banyak tersedia jasa tukang foto langsung jadi. Dengan biaya sebesar Rp 20.000, jpret, kamu bisa abadikan moment kebersamaanmu di keong raksasa TMII.

Foto bersama keluarga di teater keong emas TMII- dokpri
Foto bersama keluarga di teater keong emas TMII- dokpri


Jadi, Kompasianer, masih bingung lebaran ini mau kemana? Wisata murah meriah sambil mempelajari budaya Indonesia, plus bernostalgia dengan kampung halaman, bisa kamu lewati di Taman Mini Indonesia Indah.


Selamat berlibur!


Tutut Setyorinie, 27 Juni 2017.