Ummi Azzura Wijana
Ummi Azzura Wijana Penulis

perempuan, pendidik, music freak

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Taman Celosia, "Spot" Cantik Liburan ala Eropa

15 Juni 2018   22:54 Diperbarui: 15 Juni 2018   23:14 1232 2 2
Taman Celosia, "Spot" Cantik Liburan ala Eropa
Ilustrasi. kabarhandayani.com

Lebaran telah tiba, masyarakat seluruh dunia bergembira menyambutnya. Setelah sholat Idulfitri dilanjutkan silaturahmi saling bermaaf-maafan. Makan bersama keluarga menikmati sajian khas lebaran seperti opor dan ketupat. Memaknai kemenangan puasa dengan penuh rasa syukur.

Kebersamaan keluarga waktu lebaran tidak afdol jika tak dilengkapi dengan berlibur bersama. Pergi ke tempat-tempat wisata yang asyik untuk dinikmati. Apalagi di Gunungkidul ini banyak sekali tempat wisata yang sedang menjadi primadona para wisatawan.

Tempat Wisata Gunungkidul

Gunungkidul sebagai bagian wilayah geopark menyimpan berjuta kekayaan alam yang menakjubkan. Dari goa-goa yang eksotis dan air dari dalam tanah yang mengalir begitu bening dan sejuk. 

Alam yang menghijau dan pantai yang mengahampar dengan pasir putihnya. Karang yang kokok dihantam ombak yang tak berkesudahan. Karena pantai selatan memang terkenal dengan ombaknya yang besar.

Sesuai namanya, Kabupaten Gunungkidul didominasi oleh pegunungan yang merupakan bagian barat dari pegunungan sewu atau Pegunungan Kapur Selatan (dari nama alias inilah "Gunungkidul" diturunkan), yang membentang di selatan Pulau Jawa.

Tempat wisata yang sering dikunjungi di Gunungkidul adalah wisata Pantai. Sebut saja pantai legendaris, Pantai Baron. Pantai Pulang Syawal yang sering disebut orang sebagai Pantai Indrayanti. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan karena pasir putihnya yang menghampar sepanjang pantai.

Pantai Pulan Syawal. Sumber: yogya-backpacker.com
Pantai Pulan Syawal. Sumber: yogya-backpacker.com

Pantai yang dikelola dengan baik oleh paguyuban pedagang di pantai tersebut sehingga pengunjung lebih nyaman berkunjung. Fasilitas penunjang tempat wisata yang cukup lengkap membuat pantai ini menjadi tujuan wisata utama.

Taman Celosia

Tidak jauh dari pantai, terdapat taman bunga yang baru saja dibuka untuk umum. Dibuka sebagai tempat wisata alternatif setelah mengunjungi pantai. Di tempat ini terdapat taman bunga Celosia berwarna merah dan kuning yang terhampar luas.

wisatakaka.com
wisatakaka.com

Keindahan bunga celosia yang menawan menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Taman seluas 600 meter persegi ini berada di di Dusun Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Berada pada jarak 200 meter dari Pantai Kukup, timur Pantai Baron, sebelah barat pantai Pulang Syawal.

Bunga yang bernama latin Celosia Plumosa terkenal sebagai salah satu bunga pengungkap cinta karena warnanya yang cerah dan indah. Terhampar cantik berwarna merah kuning sangat cocok untuk tempat berfoto. 

Di mana sekarang ini banyak wisatawan terutama netizen yang menggandrungi tempat-tempat yang indah digunakan untuk berswafoto. Kemudian diunggah ke media sosial.

Tiket masuk taman sangat terjangkau, cukup lima ribu rupiah saja sudah bisa menikmati spot cantik taman. Jika ingin foto langsung cetak, pengelola menyediakan assesories yang bisa digunakan. Atau sekadar menikmati pemandangannya juga boleh tanpa harus menyewa perlengkapan tersebut.

Taman Celosia seperti di Eropa ini sangat mudah diakses. Jika wisatawan berkunjung ke Pantai selatan Gunungkidul, taman ini berada di pinggir jalan sepanjang pantai. Sehingga wisatawan sangat mudah untuk menemukan taman tersebut. Jika pengunjung ingin memiliki bibit bunga Celosia, cukup merogoh kocek 20 ribu sudah bisa membawanya pulang. Bunga Celosia sudah siap ditanam di rumah.

Walang Goreng. Sumber: hello-pet.com
Walang Goreng. Sumber: hello-pet.com

Nah, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan lebaran kali ini untuk pergi ke Gunungkidul. Menikmati spot-spot cantik tempat wisata di sana. Mulai dari wisata pantai, goa, gunung purba, hingga air terjunnya yang menawan. Dan jangan lupa untuk menikmati kulinernya yang khas seperti Gatot, Tiwul, dan juga Walang gorengnya. (Ummi Azzura Wijana)