Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Sehatsaatpuasa Pilihan

Sayur, Menu Sahur Terbaik yang Sehat

26 Mei 2018   09:57 Diperbarui: 26 Mei 2018   10:13 971 3 1
Sayur, Menu Sahur Terbaik yang Sehat
Sayur (dok.pribadi)

Setiap hari tubuh kita membutuhkan asupan yang cukup untuk dipenuhi. Berbagai jenis makananan dan minuman menjaid asupan yang kita gunakan untuk memenuhi asupan bagi tubuh kita. Hidup pun kita dapat bertahan karena asupan makanan yang baik.

Saat ini berkembang berbagai jenis asupan makanan. Asupan makanan yang sehat akan sangat berguna bagi aktivitas kita sehari-hari. Makanan sehat juga dapat mendukung agar bekerja tetap semangat. Makanan olahan yang kurang sehat atau tak sehat sebaiknya memang tak dikonsumsi. Namun tergantung bagaimana kita memilih dan memilah berbagai jenis makanan di sekitar kita.

Di Bulan Ramadan kita berpuasa, dengan puasa ini momentum untuk mengontrol asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kita dapat mengontrol pola makan di bulan puasa dimana situasi lebih mendukung. Ramadhan ini perlu dimanfaatkan untuk mengatur pola makan dan hidup yang baik bagi kita.

Sayur untuk Sahur (dok.pribadi)
Sayur untuk Sahur (dok.pribadi)

Sayur, punya banyak Manfaat

Makanan sehat yang baik saat puasa  banyak sekali, seperti Sayur-sayuran, daging bukan bagian lemaknya, ikan, susu dan buah. Jenis Makanan ini mengandung banyak sekali manfaat. Seperti sayur yang sudah sangat umum diketahui masyarakat kaya akan serat, vitamin,mineral hingga aktioksidan.

Apakah anda suka sayur? Sayur memiliki banyak sekali manfaat dan cara mengolahnya pun sebenarnya cukup mudah. Sayur, menu sahur terbaik yang sehat untuk kita semua. Zat antioksidan di dalam sayur berguna untuk mengurangi resiko kanker hingga baik bagi kekebalan tubuh kita.

Sayur banyak sekali mengandung serat, baik itu yang larut dan tidak larut.  Merujuk sumber, Serat ini memiliki manfaat untuk menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh.

Sayur untuk Sahur (dok.pribadi)
Sayur untuk Sahur (dok.pribadi)

Mudah Mengolahnya

Bagi saya mengolah sayur cukup mudah. Masukkan air dalam panci dan pastikan panas sampai gelembung udara bermunculan. Selanjutnya ambil sayur secukupnya, lalu masukkan ke air yang telah siap tadi. Jangan lupa bersihkan sayur tersebut dengan baik.

Tiriskan sayuran terssebut dan sudah siap untuk disantap. Sayuran ini jadi lalapan yang sehat dan nikmat. Tanpa ada tambahan bumbu membuat sayuran keluar rasanya sesungguhnya. Meski bagi sebagian orang sayuran sebagai lalapan ini kurang terasa.

Di waktu sahur kadang lidah kita agak kurang terasa dengan makanan yang penuh bumbu. Sayur adalah solusi tepat akan hal ini. Menu sahur terbaik dan sehat untuk dikonsumsi. Baik tanpa bumbu tambahan ataupun dengan tambahan seperti bumbu pecel. Bisa juga dibuat olahan lainnya menjadi olahan sayur lainnya. [SH]


Bacaan BERMANFAAT lainnya: