Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

3 Tempat Ngabuburit Favorit

24 Mei 2018   08:59 Diperbarui: 24 Mei 2018   09:43 648 1 1
3 Tempat Ngabuburit Favorit
Ilustrasi (dok.pribadi)

Dimana Tempat Ngabuburit Favorit Anda? Ngabuburit adalah aktivitas menunggu berbuka puasa yang dilakukan masyarakat. Banyak lokasi yang bisa jadi tempat ngabuburit. Berikut dirangkum 3 tempat ngabuburit yang ajdi favorit yang bisa jadi rujukan kita.

Alun-alun Kota Wisata Batu (dok.pribadi)
Alun-alun Kota Wisata Batu (dok.pribadi)

Alun-alun

Alun-alun adalah pusat kota yang hampir selalu ada di setiap kota di Indonesia. Kalau di jawa alun-alun sebagai pusat masyarakat berdekatan dengan Masjid dan juga Gereja. Inilah yang dibangun leluhur jaman dahulu akan nilai-nilai toleransi masyarakat.

Alun-alun pula menjadi tempat ngabuburit favorit masyarakat saat Ramadan. Selama Ramadhan di sore hari tempat ini ramai. Terlebih pula ada berbagai macam hal yang membuat menjelang berbuka puasa jadi menarik.

Pemerintah dan juga berbagai kalangan menggelar agenda acara di alun-alun ini. Masjid pun yang ada di dekat alun-alun menggelar acara menjelang berbuka. Biasanya memang ceramah agama yang menyejukkan. Nah, apakah alun-alun kota anda menjadi tempat ngabuburit favorit juga?

Masjid Jami' Malang (dok.pribadi)
Masjid Jami' Malang (dok.pribadi)

Area Masjid

Masjid besar biasanya memiliki area yang luas. di luang lingkungan masjid biasanya dekat ada pasar. Baik yang sudah ada sebelum Ramadan atau yang memang ada saat Ramadan. Masjid juga bisa jadi salah satu tempat pilihan untuk ngabuburit.

Area masjid bisa jadi menawarkan pemandangan yang indah. Sahabat saya Yeyen Puji Asnanto mengungkapkan kalau area masjid adalah lokasi ngabuburit yang baik. Area masjid yang indah bisa jadi tempat jalan-jalan.

Di masjid juga bisa mendengarkan ceramah. Menunggu waktu berbuka dengan mendengarkan ceramah agama di masjid tentunya kegiatan yang positif.  Terlebih saat berbuka pun kadang telah disediakan di masjid tersebut.

Masjid pula menjadi tempat ngabuburit favorit bagi mereka yang mencari makanan buka yang gratis. Selain itu pula, saat kita ingin menjalankan ibadah sholat tak perlu kemana-mana. Kita bisa sholat di masjid yang menjadi tempat kita menunggu waktu berbuka ini.

Pasar Takjil (dok.pribadi)
Pasar Takjil (dok.pribadi)

Pasar Takjil

Hadirnya pasar Takjil menjadi fenomena tersendiri di berbagai tempat. Di berbagai tempat di Malang, fenomena ini terjadi di berbagai tempat. Pasar Takjil adalah satu tempat khusus untuk berburu Takjil favorit.

Di Pasar takjil ada puluhan penjual yang menjajan dagangan Takjilnya. Datang lebih awal tentu menjadi kelebihan untuk mendapatkan takjil favorit lebih dulu sebelum habis diserbu pembeli lainnya. Banyak Hidangan takjil Favorit masyarakat yang ada.

Pasar takjil pun memang bisa jadi tempat ngabuburit pula. Kiranya demikian kata Pak Khoirul saat kami ngobrol bersama. Saat menunggu buka puasa, di pasar takjil kita bisa sambil jalan-jalan. Harga yang ditawarkan di pasar takjil juga relatif bisa dijangkau masyarakat. Berbagai hiburan di pasar takjil juga bisa menjadi alternatif tepat mengisi waktu menunggu berbuka puasa.

Nah, itulah 3 tempat ngabuburit favorit yang bisa jadi rujukan. Mau pilih yang mana? Atau ada saran lainnya?


Bacaan BERMANFAAT lainnya:

Libur Awal Puasa untuk Anak Sekolah di Surabaya Diperpanjang