Kesehatan

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

21 Juni 2017   09:25 Diperbarui: 21 Juni 2017   09:35 11903 0 0

PHBS.......

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku yang dipraktekkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri untuk meningkatkan kesehatannya dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat harus diterapkan dalam setiap lini kehidupan manusia kapan saja dan dimana saja. Seperti halnya PHBS di rumah tangga/keluarga, institusi kesehatan, tempat-tempat umum, sekolah maupun di tempat kerja karena perilaku tersebut merupakan sikap dan tindakan yang akan membentuk kebiasaan seseorang untuk berperilaku sehat.

Salah satu manfaat diterapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga/keluarga ialah; anggota keluarga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit, produktivitas anggota keluarga meningkat, dan anak tumbuh sehat dan cerdas.

Indikator PHBS di Rumah Tangga ialah: Persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan, Bayi di beri ASI ekslusif, Penimbangan Bayi dan Balita, Menggunakan Air Bersih, Mencuci Tangan Dengan Air dan Sabun, Menggunakan Jamban Sehat, Rumah Bebas Jentik, Makan Buah dan Sayur Setiap Hari, Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari, dan Tidak Merokok Dalam Rumah.

Marilah kita mulai dari yang kecil untuk membiasakan untuk hidup sehat, karena sehat adalah sebuah kebutuhan dan bukan pilihan.