Sandy Prakoso
Sandy Prakoso Full Time Blogger

Follow me on Instagram @sandysukmaprakoso

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Tips Mudik Hemat!

15 Mei 2019   13:20 Diperbarui: 15 Mei 2019   13:27 27 0 0
Tips Mudik Hemat!
Tips mudik hemat aman dan nyaman - freepik

Apa kabar Sobat kompasiana! Semoga sehat selalu dan lancar dalam menjalan ibadah puasa tahun ini ya.

Kalian semua pasti sudah tau dong tradisi kita terutama kalian yang sedang merantau saat menjelang lebaran pasti kita kembali ke kampung halaman atau mudik. Siapa saja yang mau mudik disini? Pasti kita mau dong mudik dan pulang kekampung halaman merayakan hari idul fitri bersama keluarga dan kerabat kita disana. Namu terkadanag biaya menjadi persoalan dan halangan yang membuat kita batal pergi mudik. Kali ini gue bakal kasih tips Mudik Hemat nih untuk semua Sobat kompasiana! Skuyy simak ya.

1.Pesanlah Tiket Jauh-jauh Hari

Pesan tiket transportasi mudik kamu pada jauh-jauh hari sebelum nya karena akan jauh lebih murah, saran dari saya sih lebih baik rencanakan dan pesan tiket mudik jauh-jauh sebelum bulan Ramadhan. Karena sudah sangat pasti kita akan mendapatkan tiket yang sangat murah dan untuk antisipasi dari kehabisan tiket juga lho...

2.Cari perbandingan harga termurah

Sebelum pesan tiket mudik kamu ada baik nya kita melakukan riset perbanding harga tiket transpoortasi kamu. Karena jika kamu memesan tiket jauh-jauh hari masih sangat banyak tiket yang tersedia di agen-agen travel yang tersedia, akan sangat rugi dan menyesal nanti jika ternyata masih ada tiket yang lebih murah dari harga tiket yang sudah kamu beli saat itu.

3.Pilih transportasi kelas ekonomi

Saran saya ini adalah hal wajib buat kamu yang mau mudik hemat pilihlah transportasi dengan kelas ekonomi saja buat kamu yang mau mudik, karena rasa nya akan terlihat sama saja jika pergi hari mudik yang pasti ramai hehe...

4.Cari barengan yang satu arah

Tips yang satu ini sudah tidak diragukan lagi penghematan nya buat Sobat Kompasiana, kamu bisa cari barengan yang searah dengan tujuan mudik kamu biasanya sih kita bisa ikut bareng saudara, tetangga. Atau teman kita yang mudiknya membawa kendaraan pribadi sendiri.

5.Cari informasi promo tiket di media social


Hal ini harus kamu lakukan juga untuk mencari tiket yang sangat murah selain harus pesan tiket jauh-jauh hari dan riset perbandingan. Kamu juga harus cari tau nih promo-promo tiket yang ada di iklan Social media, karena akan sangat menguntungkan selain mendapat promo tiket rumah kamu juga bisa memili kesempatan hadiah yang disediakan.

6.Patungan sewa mobil

Jika kamu memiliki beberapa kerabat atau teman yang memiliki tujuan mudik yang sama ada baiknya kamu rencanakan dengan mereka untuk mudik bareng dengan sewa mobil maksimal 5 orang untuk menyewa kendaraan mobil agar biaya patungan bisa lebih kecil karena sudah dibagi rata dengan 5 orang.

7.Bawa bekal perjalanan sendiri

Untuk menghindari biaya yang tak terduga saat perjalan mudik ada baik nya kamu bawa bekal percalanan mudik kamu. Kamu bisa membawa cemilan dan nasi serta lauknya. Selain untuk menghindari pengeluaran biaya yang tak terduga kamu juga sudah menghindari makanan-makanan yang kurang sehat.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga mudik kalian berjalan dengan lancar dan sampai tujuan dengan selamat ya Sobat kompasiana..