Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Pegawai

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Zakat Fitrah sebagai Pembersih Diri

16 Juni 2018   09:55 Diperbarui: 16 Juni 2018   10:05 970 9 6
Zakat Fitrah sebagai Pembersih Diri
foto Rustian al ansori


"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha' kurma atau satu sha' gandum, atas budak dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, anak kecil dan orang besar dari kalangan orang Islam. Dan beliau memerintahkan agar ditunaikan sebelum orang-orang pergi menunaikan shalat " (HR. Bukhari dan Muslim)

Disebutkan zakat fitrah karena dikeluarkan pada waktu kaum muslimin telah menyelesaikan puasa bulan Ramadhan. Karenanya masjid - masjid yang menerima zakat fitrah ramai ketika malam lebaran, setelah selesainya berpuasa. Begitu pula yang dilakukan di masjid - masjid di Sungailiat, Kabupaten Bangka. 

Pada malam lebaran juga dilakukan penyerahan zakat fitrah, dan zakat lainnya. Dengan menggunakan kupon, mereka yang berhak menerimanya mendatangi Unit Pengumpul Zakat ( UPZ ) di masjid dan surau.

UPZ  masjid Agung Sungailiat sepekan dibuka menjelang Idul Fitri 1439 H, berhasil mengumpul Zakat Fitrah dalam bentuk uang Rp 48 juta 953. dari 1.594 muzaki.

Sedangkan zakat fitrah dalam bentuk berasberjumlah 819 kg berasal dari 410 muszaki. Untuk zakat mal ( harta ) berjumlah Rp 114.849.150 , infaq dan sadaqoh terkumpul Rp 12 juta 467.150 dan vidia 11.004.000.

Upz masjid Agung Sungailiat berhasil mengumpul dalam bentuk uang dan beras dengan total dalam bentuk uang terkumpul Rp 187. 309.300 dan 869 kg beras.

Mengapa mesti membayar zakat tentu banyak hikmahnya, di antaranya:

  • Zakat Fitrah merupakan salah satu bentuk solidaritas, khususnya kepada fakir miskin yang tidak mempunyai makanan pada hari raya Idul Fitri.
  • Zakat Fitrah merupakan pembersih puasa dari hal-hal yang mengotorinya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘laihi wassalam: "Zakat Fitri merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin."(Hadits Hasan riwayat Abu Daud)
  • Zakat Fitrah merupakan bentuk syukur kepada Allah subhanahu wata’ala karena telah memberikan taufik-Nya sehinga bisa menyempurnakan puasa Ramadhan.

Ketua Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat H. Saipul Zohri ketika disela - sela menjelang sholat Ied menjelaskan, zakat fitrah telah disampaikan hingga sebelum dilaksanak sholat Ied.

UPZ masjid Agung Sungailiat diakui ketua Badan pelaksana pengelolaan masjid Agung Sungailiat Saipul Zohri, pengumpulan zakat fitrah, zakat harta, vidia, infaq dan sadaqoh melalui Unit UPZ  Masjid Agung Sungailiat, hingga jam 23 wib Kamis (14/3) namun di pagi hari menjelang sholat masih ada muzaki yang menyerahkan zakat fitrah namun UPZ masjid Agung tidak melayani lagi karena tidak ada waktu lagi untuk menyalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Menurut Saipul, untuk zakat mal masih ada beberapa yang belum disampaikan dan akan disampaikan setelah sholat Ied karena tidak ada masalah untuk zakat harta bila disampaikan setelah sholat Ied, kalau zakat fitrah selambat - lambatnya sebelum dilaksanakan sholat Ied.

Terkait dengan waktu paling utama melaksanakan zakat fitrah adalah pada pagi hari sebelum shalat Ied. Karenanya,  disunnahkan mengakhirkan shalat Ied untuk memberi kesempatan kepada kaum muslimin membayarkan zakat fitrahnya kepada fakir miskin.

Adapun waktu wajibnya adalah setelah terbenam Matahari akhir bulan Ramadhan sampai sebelum dilaksanakan shalat Ied. Hadits Ibnu Abbas  Rasululullah shallallahu ‘laihi wassalam bersabda:

"Barang siapa yang membayar zakat fitrah sebelum shalat ied, maka termasuk zakat fitrah yang diterima; dan barang siapa yang membayarnya sesudah shalat ied maka termasuk sedekah biasa (bukan lagi dianggap zakat fitrah)." (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa barangsiapa yang membayar zakat setelah shalat Ied, tidak dianggap sebagai zakat fitrah, tetapi sedekah biasa.

 "Zakat Fitrah merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa) dan bantuan makanan untuk para fakir miskin."(Hadits Hasan riwayat Abu Daud).

Akan tetapi, jika kebutuhan fakir miskin sudah tercukupi semuanya, maka zakat fitrah tersebut diberikan kepada golongan lain yang berhak mendapatkan zakat seperti yang tersebut dalam al-Qur'an:

"Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (Qs. at-Taubah: 60).

“ Kita bersyukur kepada Allah karena satu bulan penuh kita telah menjalanan perintah Allah di bulan Ramdhan dan kita laksanakan pembayaran zakat, zakat fitrah, zakat mal dan berbagai amalan lainnya, kini kita merayakan kemenangan itu dalam hari raya idul fiti,” ungkap Saipul Zohri.

Demikian pula yang dilakukan UPZ masjid Agung Sungailiat dan masjid serta surau lainnya. Harapan selalu disampaikan agar pelayanan yang diberikan UPZ dapat memuaskan para muzaki, disamping itu pelayan selama Ramadhan juga dapat memuaskan para jemaah.

Ketua Pelaksana Badan Pengelolaan Masjid agung Sungailiat Saipul Zohri atas nama Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat dan Yayasan Masjid Agung Sungailiat menyampaikan ucapan terimakasih karena selama satu bulan penuh ini mempercayai masjid Agung sebagai tempat beribadah bersama - sama dan juga mengucapkan terimakasih kepada jemaah yang telah memberikan dukungan sehingga 7 kegiatan setiap hari di masjid Agung dapat dilakukan penuh setiap hari selama Ramdhan, dari mulai Subuh bersama hingga Tarawih dan Tadarus dapat dilaksanakan dengan lancar.

“ Jemaah dan pihak keamanan baik Satpol PP dan anggota Polres Bangka kami mengucapkan terimakasih yang telah membantu pengamanan selama Ramadhan dengan memberikan kenyaman kepada jemaah,” ujarnya.

Ramadhan telah ditinggalkan, zakat fitrah, zakat mal, infaq dan sadaqoh dan penerimaan lainnya sudah disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Lengkap sudah ibadah kita di bulan suci Ramdhan,  semoga kembali kembali kepada  fitrah.

Salam dari pulau Bangka. 

Rustian Al Ansori

dokpri
dokpri