Zainal Khairul
Zainal Khairul Dosen

Dosen Universitas Pasifik Morotai Sekertaris bidang sastra budaya ICMI Orda Morotai Ketua Umum PD PII Metro Makassar 2009-2010, 2010-2011 enalok37@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik

Sulsel Milik Yasin Limpo atau Nurdin?

29 Juni 2017   12:52 Diperbarui: 29 Juni 2017   12:56 2564 0 0

Trah keluarga Yasin Limpo yang menguasai jagat peta perpolitikan Sulawesi Selatan kembali diuji di pilkada 2018 dan 2019. Tercatat Keluarga Yasin Limpo menguasai hampir seluruh jabatan politik di Sulawesi Selatan terumata kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Keluarga Syahrul Yasin Limpo yang masih tercatat sebagai Gubernur Sulsel 2 Periode dan menjabat Wakil Gubernur satu periode. Taruhlah Bupati Gowa yang sejak dulu menjadi lumbung suara Yasin Limpo saat ini dijabat keluarga Syahrul yakni ponakannya sendiri menjadi Bupati Yakni Adnan Puricita Yasin Limpo. 

Di Tahun 2018 dan 2019 keinginan keluarga Syahrul sang Gubernur untuk maju kembali mengemuka, Yakni sang adik Irman Yasin Limpo yang juga Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan berniat maju kembali mencalonkan diri sebagai walikota Makassar. Setelah sebelumnya hanya sebagai runner up di bawah Dany Pomanto Walikota Makassar saat ini.  Di tingkat provinsi juga mengemuka calon kuat untuk maju sebagai Gubernur Sulsel 2018-2023 yakni sang Adik Ichsan Yasin Limpo dengan selalu membawa Tagline Salam Punggawa.

Disisi lain penantang serius keluarga Gubernur Petahana Syahrul yakni Bupati Syarat prestasi  Prof. DR. Ir. H. M. NURDIN ABDULLAH, M.Agr yang juga tercatat sebagai Dosen Universitas Hasanuddin Makassar. Menjadi Bupati di daerah berjarak dua ribuan kilometer dari Jakarta, Kabupaten Bantaeng mungkin tak banyak dikenal orang. 

Namun siapa sangka, di daerah kecil itulah sebuah potret perubahan daerah menuai banyak apresiasi dan layak menjadi contoh bagi daerah lain. dari Kabupaten Bantaeng tercatat ratusan sudah pengghargaan yang ia peroleh sejak ia menjadi Bupati Bantaeng. Mulai dari tingkat regional, nasional hingga tinggkat dunia. 

Selain Keluarga Syahrul Yasin Limpo dan Nurdin Abdullah yang saat ini tertinggi surveinya di berbagai kalangan masyarakat. Masih ada tokoh politik yang terkenal licin dan gesit diperpolitikan Sulawesi Selatan yakni Nurdin Halid yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar Sulsel.  Nurdin Halid merupakan politisi ulung dan pintar melobi berbagai pihak. 

Sekali menurut prediksi penulis pemimpin Sulsel kedepan tak jauh jauh dari Trah Keluarga besar Syahrul Yasin Limpo atau ke pada Kedua Nurdin yakni Nurdin Halid atau Prof. Nurdin Abdullah.