Gaya Hidup

Menjadi Pemudik Cerdas untuk Kenyamanan Perjalanan

28 Mei 2017   11:03 Diperbarui: 28 Mei 2017   11:17 137 0 0
Menjadi Pemudik Cerdas untuk Kenyamanan Perjalanan
dok.pribadi

Sebagai warga negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, istilah mudik bukanlah istilah asing ditelinga kita bahkan telah menjadi budaya menjelang Hari besar keagamaan khususnya Hari Raya Idul Fitri untuk sebagian besar kaum Muslimin.  Mudik juga selalu identik untuk para perantauan yang kembali ke kampung halaman guna berkumpul bersama keluarga besar setelah lama tidak bertemu secara langsung.

Setiap pemudik selalu ingin mudik yang dilakukan lancar dan menyenangkan namun terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan para pemudik saat melaksanakan tradisi mudik. Terkadang mereka tidak menyadari  dan di anggap sebagai hal lumrah sehingga terus dilakukan berulang-ulang setiap momen mudik tiba.  Kesalahan itu bisa dilakukan mulai saat persiapan, di perjalanan, hingga sampai di kampung halaman. Jadi ada baiknya sebagai pemudik yang saat ini sudah berniat pulang ke kampung halaman memahami berbagai kesalahan yang dilakukan, dan disini penulis akan memberikan sedikit tips untuk mengatasinya :

  • Tidak Ada Rencana Anggaran Khusus untuk Mudik

Satu hal wajib saat ingin mudik adalah adanya dana yang cukup. Jangan sampai kita harus TERPAKSA mengutang hanya untuk pulang ke kampung halaman. Ingat, jadikan Hari Raya Idul fitri sebagai hari menuju kemenangan bukan hari menuju kebangkrutan. Jadikan Hari Raya Idul fitri sebagai hari suka cita bukan hari duka cita memikirkan utang yang harus dilunasi.

Tips : Anggarkan sejak awal  sebelum Ramadhan bahkan sejak beberapa bulan sebelumnya.  Buatlah komitmen untuk terus menyisipkan sebagian pendapatan khusus untuk mudik berupa biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya rekreasi, dan kalau perlu siapkan budget khusus untuk biaya angpao

  • Tidak Memiliki Cadangan Anggaran

Biaya mudik memang tak bisa dikatakan ringan, perlu persiapan dan perhitungan matang untuk bisa betul-betul merasakan mudik tanpa harus merasakan uang Ludes sebelum mudik berakhir. Jadi, siapkan cadangan anggaran saat mudik karena hal-hal kecil yang dianggap remeh justru bisa menguras anggaran Anda.misalnya, seperti membeli oleh-oleh atau cemilan, makan tanpa perhitungan dan lain-lain.

Tips : Buatlah anggaran tambahan pada rencana anggaran khusus mudik. Jika tidak memiliki anggaran cadangan usahakan untuk tidak mudah tergiur mengeluarkan dana  diluar rencana  yang telah diatur di awal. Usahakan jangan melebihi rencana tersebut, buat rencana yang jelas tentang apa yang akan dilakukan dikampung halaman seperti rekreasi, makan-makan, sampai membeli oleh-oleh.

  • Tidak Memperdulikan Persiapan Fisik

Anda pasti sudah bisa membayangkan betapa lelahnya perjalanan tidak hanya secara fisik tapi juga secara mental. Cek kondisi tubuh, jangan memaksa untuk melakukan mudik dengan kenderaan pribadi jika tubuh tidak merasa baik. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan mudik menggunakan angkutan umum yang telah disediakan. Jangan lupa untuk sering minum kerena tubuh akan sangat mudah kehilangan cairan ketika berada di jalan dalam waktu yang lama.

  • Banyak Membawa Barang

Jika memutuskan untuk melaksanakan mudik dengan dengan sepeda motor, sebaiknya jangan bawa barang yang melebihi muatan. Atau jika melakukan mudik lebih dari 2 anggota keluarga lebih baik menggunakan mobil atau angkutan umum lainnya.  Motor dengan kelebihan muatan memiliki resiko mengalami kecelakaan jauh lebih besar.

Tips : Rencanakan semua secara baik dan terinci. Bawa  keperluan seperlunya, jangan sampai perjalanan Anda terhambat hanya karena bawaan yang menggunung.

  • Tidak Menikmati Perjalanan

Melakukan perjalanan  jauh selalu membuat lelah dan bosan.  Tidak jarang pikiran selalu diliputi rasa cemas dan berujung pada emosi apalagi jika harus berhadapan dengan kemacetan, tertundanya waktu keberangkatan apalagi harus dorong-dorongan dengan penumpang lain bagi yang menggunakan angkutan umum.

Tips : Sebagai pemudik harus pandai-pandai menggunakan semua fasilitas untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa bosan yang ada. Misalnya, anda bisa menggunakan Handphone atau bermain tebak-tebakkan jika mudik bersama anak-anak atau hanya sekedar bernyanyi.

SELAMAT MENIKMATI PERJALANAN ANDA !

Tips terakhir : Jangan Lupakan Anggaran Setelah Mudik. Budayakan menabung demi situasi aman terkendali.  Pergunakan Mudik Gratis yang telah disiapkan Pemerintah guna menghemat pengeluaran mudik Anda.