Quipper Indonesia
Quipper Indonesia

Distributors of wisdom | Membawa pendidikan terbaik ke seluruh penjuru Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sehatsaatpuasa Pilihan

Tujuh Kiat Asyik agar Puasamu Menyenangkan

16 Mei 2018   18:17 Diperbarui: 16 Mei 2018   18:35 619 1 0
Tujuh Kiat Asyik agar Puasamu Menyenangkan
(quipper.com)

Apa sih yang kamu rasakan ketika puasa di bulan Ramadan? Panas? Haus? Lapar? Atau mengantuk? Kalau kamu merasakan salah satu atau semuanya itu, kali ini kita punya kiat-kiat asik untuk mengatasi semuanya itu. Dengan begitu, ibadah puasamu menjadi menyenangkan. Yuk, simak informasinya berikut!

Makan Sahur Saat Menjelang Imsak

Biasanya cara kalian sahur bagaimana? Apakah makan terburu-buru sebelum imsak atau perlahan-lahan menikmati makanan? Apapun jawaban kamu, saran Quipper Video Blog saat sahur ialah makan sahur mendekati waktu imsak.

Sebab, dengan kita makan menjelang imsak, tenaga dari makanan yang sudah dimakan akan mampu bertahan hingga berbuka nanti. Tapi ingat ya, bukan berarti kamu berleha-leha hingga menunggu dekat imsak. Kalau kamu sudah bangun jauh sebelum imsak, ada baiknya kamu isi kegiatanmu dengan membantu ibu mempersiapkan makan sahur atau membaca materi di Quipper Video.

Oh iya, kamu juga jangan makan terburu-buru ya! Sebab, itu akan mengakibatkan ususmu kaget dan kemungkinan besar bisa menyebabkan puasamu tidak enak nantinya.

Makan Sahur dengan Makanan Berkarbohidrat dan Berprotein

Soal makanan sahur, ada baiknya kamu makan makanan berkarbohidrat kompleks dan berprotein. Sebab, dengan memakan makanan tersebut kamu bisa memiliki jumlah energi tubuh yang cukup untuk menjalani aktivitas pada siang hari.

Selain memakan makanan berkarbohidrat kompleks dan berprotein, ada baiknya kamu memakan sayur dan buah. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa dehidrasi selama berpuasa. Sebab, memakan sayur dan buah kala sahur akan memberikan cadangan cairan tubuh bagi tubuhmu.

Mengurangi Makanan dan Minuman Manis Saat Sahur

Usahakan untuk tidak memakan makanan dan minum minuman dengan kandungan gula berlebihan saat sahur. Sebab, hal itu akan membuat tubuhmu lemas saat menjalani aktivitas di siang hari.

Selain itu, kandungan gula itu bisa mengendap saat tidur selepas sahur. Pengendapan gula tersebut akan membuat tubuhmu tidak enak dan tak kuat saat berpuasa di siang hari.

Minum Secukupnya Saat Sahur, Bukan Sebanyak-banyaknya

Ada persepsi kalau mau puasa tidak merasakan dehidrasi harus minum air sebanyak-banyaknya saat sahur. Nyatanya, hal itu tidak benar ya. Meminum banyak air saat sahur akan membuat perut kamu kembung.

Perut yang kembung itu akan membuat nafas sesak ketika ingin tidur kembali setelah sahur. Tidur dengan keadaan nafas sesak pastinya akan membuat tidurmu tidak berkualitas dan badan menjadi lemas pada siang hari.

Hal yang benar ialah minum secukupnya. Usahakan minum air putih atau teh tawar agar tubuhmu bisa harus bekerja keras mengolah gula untuk terserap tubuh.

Berolahraga Sore Sembari Ngabuburit

Bulan puasa bukan berarti kamu stop berolahraga. Ada baiknya kamu tetap berolahraga di sore hari menjelang berbuka. Dengan melakukan hal itu, tubuh kamu akan lebih bugar dan tidak akan merasa lemas selama satu bulan berpuasa. Selain itu, olahraga sore bisa kamu gunakan sebagai masa-masa ngabuburit menunggu berbuka.

Ketimbang kamu berdiam diri di rumah hanya bermain video games, berolahraga tentunya lebih bermanfaat bukan? Yuk, olahraga sore-sore selama bulan Ramadan!

Mengisi Waktu Luang Siang Hari dengan Kegiatan Positif

Siang hari biasanya akan penuh tantangan ketika berpuasa. Apalagi, bila cuacanya panas terik. Hati pasti akan tergoda oleh bayang-bayang dinginnya es doger yang biasanya mangkal dekat sekolah.

Dari pada kamu membayangkan makanan atau minuman di siang hari, lebih baik diisi dengan berbagai kegiatan positif. Kegiatan itu bisa bermain di dalam ruangan bersama teman-teman atau keluarga atau belajar bersama Quipper Video.

Dengan melakukan berbagai kegiatan positif di siang hari, tentunya waktu akan berjalan tidak terasa dan kamu bisa menghemat tenaga hingga waktu berbuka. Kalau diisi dengan hal-hal yang tidak jelas, khawatirnya puasa kamu bisa batal ,lho. So focus with positive activity guys!

Berbuka dengan yang Manis dan Secukupnya

Pasti kamu sering mendengar kalimat ini, "Berbuka dengan yang manis." Kenapa sih? Pasti kamu pernah bertanya-tanya. Nah, jawabannya ialah makanan dengan kandungan gula dapat memberikan pengganti energi yang hilang selama berpuasa siang. Akan tetapi, makanan manis itu bukan makanan utama ya!

Makanan manis itu hanya sebagai makanan pembuka sebelum kamu menuju makanan utama. Pastinya, makanan utama akan kamu santap setelah kamu salat magrib berjamaah bersama keluarga. Jadi, jangan salah kaprah kalau makanan manis haruslah makanan utama dan harus banyak.

Kebanyakan makanan manis saat berbuka juga tidak baik. Sebab, akan membuat tubuhnya semakin membulat dan berat badanmu naik signifikan di bulan Ramadan.

Itulah beberapa kiat agar puasamu tidak terganggu oleh berbagai hal yang berpotensi membuat batal puasa. Usahakan kamu puasa penuh satu bulan ya. Dengan begitu, kamu bisa memahami esensi puasa di bulan Ramadan dan lebih mampu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dan, jangan lupa, selama berpuasa tetap dijaga ya semangat belajarnya, jangan sampai kendor. Kalau mau belajar di rumah, ingat selalu Quipper Video ya guys! Semangat!

Penulis: Muhammad Khairil

https://video.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/7-kiat-asik-agar-puasamu-menyenangkan/