Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Aparatur Sipil Negara

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Bola

Menang! PSM Gusur MU dari Pimpinan Klasemen

20 Juni 2017   08:47 Diperbarui: 20 Juni 2017   10:51 244 3 2
Menang! PSM Gusur MU dari Pimpinan Klasemen
Sumber: bola.kompas.com

Kemenangan PSM Makassar membuat mereka kembali memuncaki klasemen sementara Liga 1 usai di kudeta Madura United. Hal ini diperoleh setelah anak asuh Rene Robert Albert berhasil menjungkalkan tamunya Borneo FC dengan skor 1-0 kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 tahun 2017 di Stadion Andi Mattalatta pada Senin, (19/6/2017).

Sejak awal babak pertama PSM Makassar tampil ngotot, meski begitu belum membuahkan hasil. Misi wajib menang demi raihan 3 point membuat Pasukan Ramang tak patah arang. Sementara tim tamu Borneo FC asal Kota Samarinda ini juga enggan menyerah begitu saja, mereka mati-matian mempertahankan gawangnya agar tetap perawan.

Sebaliknya tim Juku Eja tampil impresif dengan seluruh kekuatan terbaiknya. Terbukti lini pertahanan Borneo memang kokoh hingga babak pertama bubar skor tetap kacamata. Secara materi kualitas PSM memang unggul diatas Borneo. Tapi perlu diingat, skuad Juku Eja punya rekor kurang bagus tiap kali bersua tim asal Samarinda tersebut. Bahkan terakhir kali mereka harus menyerah kalah 0-2 menjamu Borneo FC di Mattoanging. Akan tetapi PSM selalu menuai rekor positif jika main di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Sejauh ini PSM berhasil menyapu bersih semua laga kandang. Teranyar awal Juni lalu Titus Bonai dan kawan-kawan menghajar tim mutiara hitam Persipura Jayapura dengan kemenangan besar 5-1.

Memasuki babak kedua PSM tetap mendominasi jalannya pertandingan. Jual beli serangan tak terhindarkan hingga akhirnya tuan rumah berhasil mencetak gol pada menit-65 melalui tendangan pinalti mantan pemain Borneo FC Reinaldo Costa, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Raihan tersebut didapat setelah penjaga gawang Borneo Muhammad Ridho melanggar pemain PSM Muhammad Rahmat dikotak pemalti. Diakui para pemain sepakbola dunia kotak 16 dengan titik putih ditengahnya ini merupakan keberuntungan juga kesialan.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tidak ada lagi tambahan gol. tiga poin ini sudah cukup untuk menggusur posisi Madura United dari puncak klasemen sementara Liga 1 dengan mengantongi nilai 23 dari 11 kali bertanding sebelum cuti Idul Fitri.

Berikut susunan 5 besar klasemen sementara tim peserta Gojek Traveloka Liga 1 hingga 19 Juni 2017:

  1. PSM Makassar, 11 main, 23 point
  2. Madura United, 11 main, 22 point
  3. Bhayangkara FC, 11 main, 21 point
  4. Persipura, 11 main, 19 point.
  5. Persija Jakarta, 11 main, 18 point.

Makassar, 20 Juni 2017