Nahi
Nahi Guru

Harta yang paling berharga adalah Keluarga

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Tradisi Lebaran yang Unik dan Menyenangkan

3 Juli 2019   22:02 Diperbarui: 4 Juli 2019   06:02 15 1 0
Tradisi Lebaran yang Unik dan Menyenangkan
ucapan-idul-fitri-terbaru-koleksi-dp-bbm-ucapan-idul-fitri-keren-of-ucapan-idul-fitri-terbaru-5d1d340f097f364201183603.jpg

Lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang, karena dihari tersebut semua akan merayakan kemenangan dan kebahagiaan bersama-sama. Ada banyak tradisi yang tidak pernah hilang di telan masa diantaranya adalah 

1. Halal Bihalal

Halal bihalal merupakan tradisi dimana orang yang mengunjungi dan merayakan lebaran bersama keluarga besar, tetangga, teman dan lainnya yang dianggap penting untuk dikunjungi misalnya guru atau dosen.

2. Baju Baru

  Tradisi baju baru menjadi tradisi yang melekat dan selalu diikuti oleh banyak orang. Kebahagiaan bisa dilihat dari keceriaan masyarakat sehingga menggunakan baju baru adalah sebagai bentuk suka cita dalam menyambut hari raya.

3. Takbir Keliling

Lebaran selalu disambut dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan umat Islam setelah melakukan puasa satu bulan penuh. Dan akan terlihat kebersamaan masyarakat yang turun langsung ke jalan baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil.

4. Ziarah ke Makam

Ziarah atau bahasa lainnya nyekar adalah tradisi yang wajib bagi semua umat muslim. Sehari sebelum lebaran orang-orang berziarah dan memanjatkan do'a untuk keluarga yang telah meninggal dunia.

5. THR 

THR merupakan sejumlah uang yang diberikan atasan kepada bawahannya. Namun bukan hanya itu orang-orang dewasa juga mempunyai tradisi memberikan THR kepada anak-anak. Uang yang diberikan tersebut biasanya adalah uang yang baru. Sehingga sebelum lebaran mereka akan menukarkan uang baru di bank atau di tempat penukaran uang.

Terimakasih :)