KANG NASIR
KANG NASIR profesional

Orang kampung, tinggal di kampung, ingin seperti orang kota, Yakin bisa...!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Nyenyore di Bulan Ramadan, Pilih Ikan Segar (1)

9 Juni 2017   23:20 Diperbarui: 9 Juni 2017   23:41 292 0 0
Nyenyore di Bulan Ramadan, Pilih Ikan Segar (1)
Ikan Segar di Muara Pesauran Carita Banten dokumen pribadi

Ngabuburit, hanya muncul pada saat bulan Ramadhon, menunggu waktu buka puasa, orang yang berpuasa biasanya  melakukan aktifitas tertentu, ada yang iktikaf di Mesjid, baca Qur’an bahkan ada juga yang jalan jalan atau berburu makanan  untuk buka puasa, di Cilegon-Banten Ngabuburit  namanya “Nyenyore”.

“Nyenyore” lazimnya dilakukan ba’da sholat Asar atau 1 Jam sebelum waktu Maghrib tiba. Namun tidak bagi gerombolan yang ngurusi Partai Golkar Cilegon-Banten  yakni H.Rahmat, Sutisna Abas, Arik Sarikam dan saya, Nenyorenya tak tanggung tanggung kurang lebih 5 Jam.

Markas yang sedang di renovasi/dibangun, dokumen pribadi
Markas yang sedang di renovasi/dibangun, dokumen pribadi

Rabo (8/6/17) kemarin, dari obrolan kecil di markas, terjadi kesepakatan, sehubungan aktifitas sedang tidak padat, diketuk palu, kegiatan hari ini adalah nyenyore dengan materi mencari ikan segar, mencari apem putih, emping ceplis dan ketan bintul.

Dengan materi seperti itu, maka mau tak mau harus melakukan perjalan panjang menyusuri jalan terluar di Banten yang menghubungkan Cilegon, Anyer, Carita, Labuan, Menes, Mandalawangi, Pandeglang,Serang Cilegon.

Diawali dengan sembahyang Dhuhur di Masjid Agung Cilegon, rencananya selesai sholat langsung cabut, namun ternyata usai sholat, ada kultum terlebih dahulu, kebetulan penceramahnya Ustadz muda  yang kondang di Cilegon yakni Agus Rahmat SH, gerombolan terlebih dahulu mendengar tausiah yang isinya agak lumayan juga untuk lebih memantapkan perjuangan menahan lapar dan dahaga sesuai perintah sang Holik.

Ustad Agus Rahmat SH, Kultum Ramadhan di Masjid Agung Cilegon, dokumen Pribadi
Ustad Agus Rahmat SH, Kultum Ramadhan di Masjid Agung Cilegon, dokumen Pribadi

Sasaran pertama Cari Ikan Segar bugar, maksudnya ikan yang betul betul masih bau air laut alias belum direndam pake es. Ikan macam ini hanya ada di tempat tempat nelayan meminggirkan perahu tangkapan, salah satunya ada di muara Pesauran dekat Carita-Banten. Untuk sampai ke tempat ini kendaraan menyusuri jalur wisata Anyer, ya sepanjang jalan ini, mulai dari Anyer, kita disuguhi pemandangan laut selat sunda yang kini sebagian pantainya sudah ditanami hotel,villa dan berbagai vasilitas wisata lain bagi kaum kapitalis borjuis berlibur, ada juga lahan dibibir pantai yang belum ditanami, biasanya pantai ini digunakan untuk tempat wisata umum atau bisa disebut tempat wisatanya kelas menengah kebawah dengan memungut uang tertentu, alasannya bayar parkir mobil.

Satu jam menyusuri jalur Anyer, tiba di lokasi sasaran pertama, memilih ikan segar di muara Pesauran, tepatnya di sebelah kanan jembatan sungai Pesauran, disini merupakan pangkalan para nelayan setempat menjual hasil tangkapan. Meski tidak langsung membeli dari nelayan, para pedagang sudah siap menyambut, Ikan ikan segar ditempatkan di paso raksasa, tinggal pilih. Gerombolan ahirnya memilih ikan Gerepuh (kue), Kakap Merah, gembung yang sudah di gerantul pakai tali dari irisan bambu.  

Muara Pesauran, dokumentasi Pribadi
Muara Pesauran, dokumentasi Pribadi