Media

Dogmit 2017, Membantu Meringankan Beban Kerja Guru

13 Juni 2017   23:36 Diperbarui: 13 Juni 2017   23:46 258 0 0

Assalamu’alaikum, wr. Wb.

Salam hangat dari Seluma, di bulan penuh berkah ini yakni bulan ramadhan tahun 2017, semoga Allah berikan kita kesehatan dan rejeki yang luas agar dapat mencapai tujuan sukses dunia akherat, aamiin. Milma hadir lagi dengan tulisan yang mengangkat tema “Testimoni Mengikuti Dogmit 2017“.

Guru yang dimaksud dalam Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2017 (merivisi pp nomor 74 tahun 2008) yakni pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Ini bukanlah tugas ringan, akan tetapi bagi yang sudah terlanjur menjadi guru harus memikirkan cara meringankan beban yang diamanatkan ini. Salah satu contoh pada bagian menilai dan mengevalusi peserta didik. Kemampuan guru memang perlu diasah secara kontinu, salah satu alternatifnya melalui pendidikan dan latihan (diklat). Diklat menjadi alat penting untuk menambah ilmu-ilmu baru yang sedang berkembang saat ini agar dapat meraih sukses di masa depan.

Kesuksesan tidak datang tiba-tiba, melainkan harus diperjuangkan. Perjuangan menggapai sukses akan berbuah manis dan terasa manis jika kita sudah mencicipi rasa pahitnya berjuang. Kami yang tinggal di daerah yang minim pengalaman mengikuti diklat, sudah tentu akan banyak ilmu yang tidak kami pahami dan akan jauh tertinggal dari semua teman-teman guru di Indonesia. Masalah ini dapat dituntaskan dengan mengikuti secara aktif diklat-diklat online yang banyak ditawarkan oleh para trainer handal di Indonesia, salah satunya diklat online guru melek IT (Dogmit) yang dilahirkan dan diasuh oleh Bapak Sukani.

Pengalaman mengikuti diklat ini, luar biasa manfaat yang kami dapatkan. Banyak ilmu yang bisa didapat di komunitas yang terbentuk dari alumni diklat ini, berbagi ilmu dan saling menasehati dalam kebaikan. Ilmu yang didapatkan dari mengikuti diklat ini, menambah nilai manfaat bagi lingkungan sekitar.

Guru – guru menjadi melek IT,  mengikuti perkembangan teknologi dan dapat memanfaatkannya ke dalam kegiatan pembelajaran. Sudah barang tentu hal ini sangat membantu kerja guru, satu contoh misalnya dalam pengolahan hasil penilaian yang semakin efektif dan efisien dapat dikuasai oleh alumni dogmit angkatan ketiga ini. Luar biasa, bukan??.

tentu sahabat guru senusantara mau tahu struktur kegiatan dogmit ini. Kali ini kegiatannya berbicara seputar membantu meringankan beban kerja guru pada bagian penilaian, bagaimana membuat tes online, bagaimana mengontrolnya, bagaimana menganalisisnya dan bagaimana menyampaikan hasilnya. Hanya memanfaatkan yang ada yakni google form, anates, dan sebagainya. Hal ini semua akan dapat dikuasai setelah mengikuti diklat ini. Dan yang terpenting diklat ini diasuh oleh pengasuh yang telah berpengalaman dibidang diklat online. Kenapa berpengalaman, karena alumni dogmit itu sendiri sudah ribuan guru dan tersebar di seluruh nusantara.

Sebenarnya ilmu bisa didapat kapan saja dan dimana saja, tetapi tanpa pembimbing dan penuntun maka ilmu itu akan hambar. Ilmu yang didapat dari mengikuti dogmit angkatan ketiga ini, membantu menyelesaikan salah satu beban kerja guru yaitu pada bidang penilaian. Guru akan menjadi lebih ringan memberikan penilaian dan cepat mendapatkan umpan balik bagi siswa karena bisa langsung diketahui hasilnya. Sudah menjadi rahasia umum, kalau siswa itu lebih senang mengetahui umpan balik secepatnya dari hasil ujian yang diikutinya. Keren bukan???

Adapun rahasia dari mengikuti diklat online ini harus pandai-pandai menjaga semangat. Semangat akan muncul dari dalam diri kita karena  mengikuti diklat ini atas keinginan kita sendiri dan tidak gratis. Lho kok tidak gratis mau ikut?, tenang sahabat guru, karena untuk membayar diklat ini belum sebanding dengan harga tas , sepatu, motor, mobil, atau yang lainnya. Serta uang yang kita keluarkan untuk ikut diklat inipun kalau di bawah ke warung kan habis juga, benar nggak??, benar pasti. Oleh karena itu, sahabat guru senusantara kita memang harus berani menyisihkan uang kita untuk meningkatkan kemampuan di bidang IT. Nggak bakal rugi atau menyesal.

Masih tidak mau???, ya sudah…akan ada banyak sahabt guru yang menggantikan posisi kita dan waktu akan berlalu. Sebelum menyesal, pastikan kita mengikuti dogmit ini, karena luar biasa manfaatnya dalam meringankan beban kerja guru, serta yang terpenting menambah kualitas diri kita sebagai guru professional. Sehingga, kita menjadi dipantaskan oleh Allah untuk dipilih menjadi yang terpilih dan terbaik, semoga sukses dan tercapai apa yang dicita-citakan oleh sahabat guru semua. Selamat berkarya…..

Penulis,

Milma Yasmi/ SMAN 1 Seluma