Rahmah Usman
Rahmah Usman Fulltime Blogger

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Aktivitas Idulfitri yang Paling Sakral, Shalat Ied dan Sungkeman

14 Juni 2018   05:17 Diperbarui: 14 Juni 2018   05:54 888 0 0

Aktivitas Idul Fitri yang Paling Sakral: Shalat Ied & Sungkeman- Alhamdulillah masih diberi panjang umur hingga berada di hari terakhir puasa Ramadan tahun ini. Senang? Atau malah Sedih? Atau malah dua-duanya? Apapun itu, pastikan semuanya benar-benar berada dalam keyakinan bahwa keberkahan bulan Ramadan membuat Allah memberikan ampunannya kepada kita semua. Sebab, jiwa-jiwa yang diampuni akan jauh lebih merasakan hakikat bulan Ramadan itu sendiri. 

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbun afwa fa'fu annii..." 

Kalimat yang senantiasa menjadi pembasah bibir kita di penghujung Ramadan. 

*** 

Nah, karena beberapa jam lagi kita memasuki hari raya Idul Fitri, tentunya sebagai ummat Islam ada aktivitas tersendiri yang perlu dilakukan. Apa saja itu? 

Shalat Idul Fitri

Shalat sunnah yang hanya ada sekali dalam setahun ini begitu sayang jika dilewatkan. Hanya saja kita seringkali lupa tentang adab untuk melaksanakannya. Kita bahkan menjadi orang yang "menambah pekerjaan orang lain" meski di hari raya. Contohnya adalah ketika alas sajadah kita saat melakukan shalat Ied tidak dirapikan sendiri bahkan dibiarkan menjadi sampah beterbangan di lapangan atau di halaman masjid dimana kita shalat. 

Setiap tahun adegan ini sungguh hal yang miris. Di saat kita sibuk bersilaturahim dengan sanak keluarga, masih saja ada yang harus bekerja membersihkan bekas shalat kita. Bayangkan jika di lapangan luas dengan ribuan manusia datang dari berbagai penjuru dan membawa kebiasaan membuang sampah sembarangan, bukankah hal ini memberikan kesulitan bagi orang lain?

Ah, kan itu pekerjaannya! Ngapain berempati?

Ada yang bergumam seperti itu? Mungkin nilai-nilai Ramadan masih belum menancap di hatinya dan hanya sekadar melaksanakan rutinitas layaknya orang lain pada umumnya. 

Selain menilik persoalan sampah setelah selesai Shalat Idul Fitri, jangan lupa untuk kembali muroja'ah atau mengulang kembali ingatan tentang rukun shalat Ied. Jangan sampai lupa. Biasanya diingatkan saat akan melakukan shalat namun ada baiknya untuk mencari tahu sebelum beranjak keluar rumah untuk shalat. 

Sungkeman 

Sebenarnya momen ini tidak perlu menunggu Shalat Ied. Namun, ada keluarga tertentu yang menjadikan momen Idul Fitri untuk benar-benar menjadikannya sebagai ceremonial. Apalagi jika kedua orang tua masih hidup. Semua anggota keluarga berkumpul mulai dari yang tua sampai yang muda, anak-anak hingga dewasa, kemudian berjejer menunggu giliran untuk sungkeman ke orang tua. Biasanya juga diatur mulai dari kedudukan anak, yaitu anak pertama hingga anak terakhir, yang masing-masing bersama keluarga kecilnya. 

Tradisi sungkeman ini juga masih berlaku di keluarga saya, tepatnya di keluarga suami saya. 

*** 

Nah, bagaimana dengan aktivitas Idul Fitri di daerahmu teman Kompasianers? Samakah atau ada yang unik lainnya? Bisa sharing di sini agar saya pun bisa ikut merasakan kemeriahan Idul Fitri di sana.