Rahmah Usman
Rahmah Usman Fulltime Blogger

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

7 Target yang Ingin Dicapai pada Ramadan Tahun Ini

16 Mei 2018   22:14 Diperbarui: 16 Mei 2018   22:37 595 2 2
7 Target yang Ingin Dicapai pada Ramadan Tahun Ini
Dokpri

7 Target yang Ingin Dicapai pada Ramadan Tahun Ini - Kalau membaca tulisan saya sebelumnya tentang 10 Persiapan Awal Ramadanmaka kali ini saya akan menuliskan tentang target Ramadan yang ingin dicapai. Beuh, belagu banget ya dengernya. Baru aja puasa besok, sudah punya target segala.

Hmm.. sebagian orang sih bisa mengatakan itu langkah lebay. Tetapi bagi saya pribadi, target adalah sebuah motivasi untuk mendatangkan semangat dan pastinya tetap senantiasa memperbaiki niat agar harapan mendapatkan pahala bukan sekadar harapan. 

Lalu, apa saja target saya? Ini ada 7 target yang ingin dicapai pada Ramadan tahun ini:

1. Khatam alQur'an; target ini sebenarnya bukan target baru. Sejak saya dikenalkan ibadah puasa oleh almarhum Bapak, khatam alQur'an menjadi sebuah kewajiban bagi saya dan adik-adik. Jika tak khatam, ada beban moral tersendiri yang akan kami rasakan. Bapak mengucilkan? Oh, tidak. Pastinya perasaan itu akan datang dengan sendirinya. Apalagi jika salah satu dari saya atau adik yang berhasil. Pasti akan gimana gitu kalau kemudian sudah bercengkerama dengan keluarga besar. Di samping itu, saya ingin menjadi anak yang dibanggakan Bapak kelak di akhirat sana karena tidak pernah berhenti menjalankan apa yang sudah diajarkannya. 

2. Lebih banyak berbuka bersama suami dan anak. Saya ingat betul bagaimana kesibukan saya dua tahun belakangan. Banyak undangan berbuka di luar rumah sehingga saya kemudian harus berbuka tanpa didampingi suami. Suami sih tidak keberatan, hanya saja sebagai istri pastinya merasa berbeda dan akan lebih nyaman saja berbuka dengan suami. Kalau boleh sih berbuka di luar sering-sering pun tak masalah asalkan bersama suami, hehe. 

3. Mengurangi pembicaraan yang tidak penting di grup-grup WhatsApp. Karena dengan begitu bisa menjaga jari dari menuliskan kalimat-kalimat mubadzir. Berharap setelah menjalankan training selama sebulan ini, akan terbiasa seterusnya. 

4. Lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat. Usia saya memang masih 30-an tetapi sepertinya saya harus sadar untuk lebih menjaga kesehatan. Nah, dengan Puasa Ramadan kali ini, saya ingin mengkonsumsi makanan yang lebih sehat sebagai media latihan juga. 

5. Berkunjung ke Panti Asuhan bersama si kecil. Tujuan saya ingin melakukan ini adalah agar si kecil sedari dini sudah mengenal bagaimana kehidupan teman-temannya di Panti Asuhan. Bagaimana mereka bisa terus bertahan hidup meski tanpa keluarga di sekelilingnya. Terlalu cepat? Ah, rasanya tidak. Karena perkembangan anak saya memang terlihat sudah mampu untuk diinformasikan tentang hal seperti ini. 

6. Qiyamul Lail. Ya, saya berharap Ramadan tahun ini benar-benar mengencangkan sabuk untuk menambah volume waktu melaksanakan ibadah malam. Karena berharap Lailatul Qadar itu hak siapa saja termasuk saya, bukan? 

7. Berharap ini Ramadan terakhir kami hidup di kontrakan. Sangat besar harapan kami di Ramadan ini Allah menurunkan rahmat dan rezekiNya agar kami tidak lagi mendiami rumah kontrakan melainkan rumah pribadi yang kelak kami pergunakan dengan sebaik-baiknya. 

Nah, itulah 7 target yang ingin dicapai pada Ramadan tahun ini. Bagaimana dengan kamu, guys? Apakah ada yang sama atau malah jauh lebih baik daripada target saya? Yuk, saling berbagi!