Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Usir Rasa Bosan Saat Mudik dengan Cara Asik

25 Mei 2019   09:58 Diperbarui: 25 Mei 2019   10:28 28 0 0

Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Bulan dimana seluruh umat Muslim menjalankan ibadah puasa sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri. Indonesia sendiri adalah negara dengan mayoritas masyarakatnya beragama Muslim. 

Di bulan puasa ini ada beberapa kebiasaan menarik yang mungkin hanya ada di Indonesia seperti pasar kaget takjil, grupband sahur, dan yang paling dinanti-nanti saat Ramadhan sudah mulai memasuki minggu ke 3, yaitu mudik !

Mudik sendiri menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu ketika Ramadhan, dan mudik juga sudah menjadi tradisi di Indonesia. Mudik adalah kegiatan yang dilakukan orang-orang yang bekerja atau tinggal jauh dari kampung halamannya. 

Biasanya para perantau ini akan mulai mudik atau pulang kampung ketika Ramadhan sudah hampir selesai untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga yang ada di kampung halamannya.

Mudik adalah hal yang menyenangkan, namun tak jarang berada di dalam kendaraan dalam waktu yang cukup lama karena perjalanan yang jauh membuat rasa bosan mulai datang ya pastinya, apalagi jika ditambah dengan kemacetan pasti sangat membosankan dan cepat lelah. Nah untuk mengurangi rasa bosan didalam kendaraan ketika mudik kalian bisa ngelakuin beberapa hal asik ini :

1. Mendengarkan Musik

Pasti kalian tau kan kalau mendengarkan musik ini bisa menenangkan pikiran, dan bisa mengubah mood kalian. Dengarkan musik-musik yang membuat kalian semangat, jangan yang melow karena akan membuat kalian galau dan menjadi lebih tidak semangat lagi nantinya.

2. Bermain Game

Bermain game bisa menjadi salah satu alternatif saat kalian mulai merasa bosan selama perjalanan. Karena ketika fokus bermain game, perjalanan tidak akan begitu terasa lama. Sebelum mudik kalian bisa mengisi gadget kalian dengan beberapa game, jadi saat bosan dengan satu game kalian bisa berganti game yang lain.

3. Membaca

Nah buat kalian membaca bisa banget jadi pengusir rasa bosan. Saat akan mudik kalian bisa bawa komik atau novel untuk menemani perjalanan kalian. Atau jika kalian malas atau tidak mau ribet membawa-bawa buku, kalian bisa membaca melalui gadget kalian biar lebih praktis.

4. Ber-swafoto

Siapa nih yang kalau kemana-mana tidak pernah absen untuk berswafoto? Perjalanan mudik ini bisa kalian manfaatin untuk berswafoto. 

Saat melewati tempat yang bagus atau bisa menjadi spot foto, tidak ada salahnya kalian berhenti sebentar dan berswafoto ditempat-tempat yang kalian lewati. Tapi ingat, tetap harus berhati-hati ya.

5.Tidur

Ketika semua hal diatas sudah kalian lakukan dan masih terus merasa bosan dan lelah maka kalian lebih baik untuk tidur. Jangan lupa membawa bantal ketika akan berangkat mudik agar lebih nyaman saat tidur diperjalanan. 

Selain dapat membunuh waktu, tidur juga akan mengembalikan stamina tubuh kalian. Jadi ketika kalian bangun, badan akan lebih segar dan kembali bersemangat menikmati perjalanan mudik kalian.

Nah semoga tips mengurangi rasa bosan saat perjalanan mudik tadi bisa berguna ya. Jangan lupa berdoa dan tetap utamakan keselamatan!