Maygiva Ayu Prasadani
Maygiva Ayu Prasadani wiraswasta

23| Koki| Pecinta Fiksi Kota Budaya \Ay/

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Telon Lang Plus Sahabat Pelindung Gigitan Nyamuk

2 Juli 2017   15:27 Diperbarui: 2 Juli 2017   15:32 1379 0 1
Telon Lang Plus Sahabat Pelindung Gigitan Nyamuk
Sumber foto: dokumen pribadi

‘Jatuh hati pertama kali’, itu yang saya rasakan ketika menemukan brand ini: Cap Lang atau PT Eagle Indo Pharma. Saat itu saya yang masih belia telah mengetahui salah satu produknya, yaitu Minyak Kayu Putih Cap Lang.

Ya, siapa yang tidak akrab dengan Minyak Kayu Putih Cap Lang? Iklannya yang terkenal dengan ‘buat anak, kok coba-coba’ini berhasil memikat hati banyak orang, termasuk saya.

Saya mengenalnya pertama kali sewaktu masih anak-anak. Nenek biasanya menggunakan minyak kayu ini untuk mengoleskannya ke punggung, leher, perut, dan pergelangan kaki ketika saya sedang kedinginan atau masuk angin. Dan kini, ternyata Cap Langatau PT Eagle Indo Pharmatelah menambah jenis produksinya, salah satunya ialah minyak telon. Cap Lang sejauh ini memang brand yang terus berinovasi memberikan produk yang terbaik untuk para konsumennya, tentu saja.

Sekarang, di umur saya yang ke-dua puluh empat, ternyata kenangan kecil seperti itu tidak hilang. Saya masih senantiasa mempercayai produk-produk dari brand PT Eagle Indo Pharma. Sampai satu ketika, saya berencana pergi ke swalayan terdekat dengan keperluan membeli minyak telon untuk adik saya yang berumur tiga tahun. Ternyata setelah ada di sana, ada begitu banyak brand yang menghadirkan produk minyak telon. Dan saya sempat dibuat bingung oleh pilihan-pilihan tersebut sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada Telon Lang Plus. Mengapa minyak telon ini?

Sumber foto: dokumen pribadi
Sumber foto: dokumen pribadi
Alasan pertama ialah oleh sebabsaya sudah begitu mengenal brand Cap Lang atau PT Eagle Indo Pharma, jadi saya percaya produknya tidak akan mengecewakan karena selalu konsisten menjaga kualitas produknya dan selalu berinovasi.

Setelah membayar ke kasir swalayan, saya cukup puas dengan keputusan yang telah saya ambil, yaitu memilih produk Telon Lang Plus dengan netto 100 ml. Sebenarnya di swalayan tersebut menjual dua Telon Lang Plus dengan netto yang berbeda, yaitu 60 ml dan 100 ml. Akan tetapi, saya mengambil yang bernetto 100 ml. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ketika diletakkan di dalam tas.

Telon Lang Plus, Triple Action with natural Rhodinol, begitu tulisan yang termaktub di kemasan bagian depan. Dan di bagian samping kemasan terdapat tulisan berupa manfaat minyak telon ini. Apa saja manfaatnya?

Sumber foto: dokumen pribadi
Sumber foto: dokumen pribadi
Memberikan perlindungan terhadap gigitan nyamuk selama 12 jam

Ternyata Minyak Telon lang Plus mampu melindungi bayi dari gigitan nyamuk selama 12 jam. Apa yang dikandungnya, apakah dari bahan kimia yang mungkin bisa membahayakan? Tentu saja tidak. Berbeda dengan brand-brand yang lain, Cap Lang memilih bahan yang alami. Minyak Telon Lang Plus mengandung Natural Rhodinol (Oleum Citronella), sehingga bahan ini alami untuk mencegah gigitan nyamuk. Berikut adalah komposisi lengkapnya. Setiap ml, Minyak Telon Lang Plus mengandung:

Natural Rhodinol (Oleum Citronella) sebesar 3,0%

Oleum Chamomile sebesar 3,0%

Oleum Olivarum sebesar 4,0%

Oleum Anisi sebesar 8,5%

Oleum Cajuputi sebesar 31,5%

Oleum Cocos sebesar 50,0%

Nah, jadi untuk Bunda dan Kakak tidak perlu mengkhawatirkan kandungannya, sebab minyak telon ini sudah pasti aman untuk si kecil.

Menghangatkan tubuh bayi

Setelah saya mencoba mengusapkan ke telapak tangan,Minyak Telon Lang Plus mampu memberikan rasa hangat. Jadi, setelah mandi atau menjelang tidur karena udara pada malam cukup dingin, saya biasa membalurkannya merata pada bagian perut, punggung, dada, pinggang, dan lengan si kecil, agar si kecil senantiasa hangat dan terlindungi dari udara dingin. Dan apabila si kecil menunjukkan tanda-tanda masuk angin, batuk, demam, perut kembung, saya tidak begitu panik sekarang, sebab Minyak Telon Lang Plussangat membantu mengurangi rasa sakitnya dan meredakannya.

Menjaga kelembaban bayi

Minyak Telon Lang Plus selain dapat menghindari gigitan nyamuk selama 12 jam dan menghangatkan tubuh bayi, manfaat lainnya ialah mampu menjaga kelembaban bayi, sehingga tetap halus dan tidak kering. Oleh karena salah satu kandungannya, yaitu Olive Oil, yang mampu melembutkan dan menghaluskan kulit, serta tidak menjadikan kulit kering. Oleh karena itu, Kakak dan Bunda sangat dianjurkan untuk memijat bayi menggunakan Telon Lang Plus. Info lebih lengkapnya tentang pemijatan bayi menggunakan Telon Lang Plus, silahkan baca di www.caplang.com/babymassage

Selain ke-tiga manfaat itu, saya juga menyukai aromanya, aroma khas bayi. Harum dan tidak menyengat. Sehingga, sudah barang tentu Telon Lang Plus sangat cocok bagi si kecil.

Selain manfaat, ternyata juga ada penjabaran tentang cara pemakaian yang saya tulis ulang sebagai berikut:

Balurkan Telon Lang Plus secara merata pada bagian perut, dada, punggung, pinggang, lengan, serta kaki bayi sehabis mandiatau pada saat yang dibutuhkan, seperti: menghindari gigitan nyamuk, udara dingin, dan perut kembung.

Nah, dengan ini kita tidak perlu bingung karena terdapat banyak penjelasan yang tertulis di dalam kemasan.

Sumber foto: dokumen pribadi
Sumber foto: dokumen pribadi
Untuk melindungi keluarga dari penyakit membahayakan seperti demam berdarah dan malaria, perkembang biakan nyamuk sudah barang tentu harus dicegah.Gigitan nyamuk tidak bisa kita remehkan lagi.

Mengingat penyakit demam berdarah dari waktu ke waktu banyak menelan jiwa. Tidak sedikit penderita berujung kematian. Dan saya mempunyai beberapa tips untuk mencegah perkembang biakan nyamuk agar anggota rumah senantiasa sehat dan terhindar dari nyamuk, terutama jenis nyamuk berbahaya seperti Aedes aegypti dan Aedes albopictus :

Bersihkan seluruh bagian rumah, terutama kolong-kolong tempat tidur atau bagian yang gelap dan mungkin tidak begitu terjamah dan terlihat. Jangan biarkan sampah berserakan.   Sampah yang menumpuk itu salah satu hal yang menyebabkan nyamuk dapat berkembang biak.

Pastikan tempat tampungan air ditutup, karena jika tidak nyamuk akan bertelur di situ, tidak lama kemudian akan muncul jentik-jentik nyamuk. Lebih aman jika menggunakan air yang langsung mengalir.

Barang-barang bekas yang sekiranya tidak digunakan lebih baik dibuang atau dijual.Kaleng-kaleng bekas sebaiknya dikubur di dalam tanah, agar tidak berserakan menjadi tempat tinggal nyamuk.

Rumput dan ilalang yang sudah panjang di halaman rumah alangkah lebih baik dipangkas atau dicabut untuk menghindari nyamuk tinggal dan bertelur di situ.

Di saat sore atau menjelang maghrib, segera tutup pintu dan jendela dimaksudkan agar nyamuk tidak terbang dan masuk ke dalam rumah.

Menjelang malam gunakan obat nyamuk. Ada banyak sekali jenis atau macam obat nyamuk, dari obat nyamuk bakar sampai dengan obat nyamuk elektrik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Jika mempunyai kandang ayam atau binatang ternak lain di belakangrumah, mohon untuk selalu rutin dibersihkan agar nyamuk tidak mempunyai celah sekecil pun untuk berkembang biak.

Itulah beberapa tips dari saya, mudah-mudahan dapat membantu teman-teman untuk menjaga kondisi rumah dan melindungi anggota keluarga di rumah dari perkembang biakan nyamuk.

Tidak hanya itu, kebersihan badan si kecil pun harus diperhatikan untuk menghindari gigitannya. Dan sehabis si kecil mandi, ia sekarang mempunyai kebiasaan baru, yaitu selalu senantiasa menggunakan Telon Lang Plus untuk melindungi badan si kecil dari gigitan nyamuk. Pun ketika menjelang malam, atau ketika udara dingin menerpa tubuhnya. Kini, Telon Lang Plus menjadi salah satu barang yang harus selalu dibawa saat berpergian. Seperti kemarin, pada saat kami keluarga sedang mudik. Ya, pulang kampung halaman nampaknya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran.

Perjalanan dari Solo ke Klaten dan Wonogiri ditempuh dengan mobil bagi kami mungkin tidak terlalu jauh, tetapi jelas berbeda bagi adik yang masih berusia tiga tahun. Oleh karena itu, saya selalu siap sedia Telon Lang Plus di manapun berada. Di saat adik merasa tidak enak badan biasanya akan menangis. Dan di saat itulah saya tahu perut si kecil kembung dan kelelahan. Oleh karena itu, tak lama saya membalurkannya di bagian perut. Dan di pagi harinya, adik sudah kembali ceria.

Telon Lang Plus benar-benar membantu saya. Sehingga, kini, saya tidak lagi mengkhawatirkan adik ketika tidur. Ia tidak terbangun dan menangis sampai menjelang pagi seperti tempo hari ketika nyamuk hinggap dan menggigitnya, oleh karena tubuhnya terlindungi denganTelon Lang Plus. Saya pun tidak perlu cemas berlebihan di saat udara dingin datang seperti ketika malam hari, sebab Telon Lang Plus sangat membantu mengatasi perut kembung, mencegah masuk angin, dan tentu saja menghangatkan badan.

Nah, bagaimana Bunda dan Kakak? Tertarik untk mencobanya? Ah, buat anak kok coba-coba? Jangan salah pilih. Pilih yang sudah teruji!