Humaniora

Belajar Matematika Sejak Dini

13 Juni 2017   13:05 Diperbarui: 13 Juni 2017   13:21 128 0 0

Matematika adalah mata pelajaran yang dianggap rumit oleh banyak kalangan. Tak terkecuali anak- anak. Padahal, matematika memiliki peran yang sangat penting didalam kehidupan. Anak yang menyukai matematika cenderung memiliki sifat semangat yang tinggi dan tidak mudah menyerah karena mereka sudah terbiasa menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah matematika. Oleh karena itu, sebagai orang tua haruslah memiliki pendekatan khusus kepada si anak agar dapat menerima matematika tanpa adanya beban.

Ada beberapa Tips yang dapat diterapkan agar Anak menyukai matematika

  • Pada saat si kecil mulai berlajar berjalan, manfaatkanlah momen ini untuk mengenalkan  angka.
  • Pertama, bunda menuntun anak berjalan dengan menyebutkan angka – angka disetiap langkahnya dengan begitu sikecil dapat belajar berjalan dengan ceria diiringi suara bunda yang merdu menyebutkan angka-angka.
  • Dalam hal ini , meskipun sikecil belum mengerti apa yang kita ucapkan namun anak yang berusia dibawah 3 tahun dapat menyimpan kata-kata yang didengarnya.
  • Lengkapilah perlengkapan si kecil dengan hal -hal yang berkaitan dengan matematika. Misalnya karpet puzzle angka di rumah anda. Ketika anda sedang bermain dengan si kecil manfaatkanlah untuk menyebut angka-angka dengan menunjukkan ke gambar angka tersebut.
  • Berilah si kecil buku - buku bacaan atau dongeng. Bisa juga buku yang berhubungan dengan matematika yang memiliki gambar yang menarik perhatian.
  • Di lain waktu anda bisa memberikan video animasi pendidikan tentang matematika sehingga anak anda dapat belajar matematika tanpa seperti belajar yang biasanya membuat beban bagi anak-anak
  • Ketika Anak anda mulai tumbuh besar ajaklah anak anda bermain yang berhubungan dengan matematika seperti bermain snowball yang berarti melemparkan bulatan kertas yang sudah diremas. Permainan ini membutuhkan beberapa orang, bagi yang membawa snowball wajib melemparkannya ke seseorang dan yang terkena snowball wajib menjawab soal yang ditulis di dalam snowball.

Demikian tips  yang dapat saya bagikan untuk  dimanfaatkan  mengisi waktu luang anda dengan  si kecil. Semoga bermanfaat