Listhia H Rahman
Listhia H Rahman pelajar/mahasiswa

❤ Student at Postgraduate Program of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ listhiahr@gmail.com❤ IG : listhiahr ❤

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Yuk Silaturahmi, Berikut Manfaatnya yang Nggak Bikin Kamu Nyesel!

15 Juni 2018   20:29 Diperbarui: 15 Juni 2018   20:41 1169 2 1
Yuk Silaturahmi, Berikut Manfaatnya yang Nggak Bikin Kamu Nyesel!
ilustrasi | bhplus.com.my

Lebaran tiba, tiba juga saatnya bersilaturahmi.

Akhirnya setelah hampir sebulan dinanti, lebaran pun menyambut kita semua. Bahagia, tentu. Sebab berlebaran ibarat momen 'kelulusan' kita setelah menempuh ujian diri bernama puasa. Namun sedih juga ada, karena lebaran sebagai tanda berakhirnya hari-hari yang penuh dengan ampunan dan keberkahaan, yang belum tentu juga tahun depan masih kesempatan untuk merasakannya lagi. Kita hanya bisa berharap, semoga tahun depan Ramadan masih mau bertemu kembali.

Berbicara tentang lebaran, silaturahmi adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Ya, lebaran memang tidak hanya berfokus pada opor dan ketupat, juga saling bertatap-tatap. Lebaran yang selalu menjadi hari yang diliburkan seperti sudah di takdirkan untuk menjadi kesempatan emas membuat pertemuan, bersilaturahmi.

Saat tulisan ini dibuat pun saya sedang berada di perjalanan, perjalanan yang cukup padat dan lumayan macet. Sepertinya waktu saya pergi ini adalah waktu yang pas untuk menjadi pergi bagi mereka juga, menjelang sore. Maklum juga sih, ini adalah hari lebaran pertama dimana banyak orang yang keluar dari rumahnya masing-masing untuk pergi mengunjungi sanak saudaranya, tetangga atau orang yang dianggap dekat lainnya.

Ternyata bukan hanya soal budaya, berikut adalah manfaat silaturahmi saat lebaran yang memang jangan sampai kamu sia-siakan kesempatannya ;

Memperpanjang usia dan melancarkan rejeki

Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim). 

Seperti yang sudah banyak diketahui banyak orang. Manfaat silaturahmi ini , memang cukup populer karena tak jarang sering juga menjadi bahan sebagai materi ceramah dalam rangka mengajak orang untuk bersilaturahmi.

Hadiah silaturahmi berupa panjang usia dan lancar rejeki juga dirasa tidaklah berlebihan, karena jika dipikir-pikir bisa saja dan benar adanya. 

Bisa memperpanjang usia, karena banyak orang yang kemudian mendoakan kita, termasuk kesehatan. Bisa memperlancar rejeki, karena silaturahmi membuat kita bisa saling membantu satu sama lain apalagi jika memang saudara/kerabat memang sedang butuh bantuan. Bantuan yang bisa menjadi sedekah kita, yang tak mustahil juga berdampak pada rejeki kita nanti.

Bisa menjadi kunci surgamu kelak!

Menyambung silaturahmi juga diibaratkan dengan menyambung silaturahmi pada Allah SWT. Maka tak heran, sebagai Allah pun sangat menyukai perbuatan yang satu ini dan kelak barang siapa yang mau melakukan surga akan menjadi balasannya. Masih meragukan nih?

"Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi" (HR Bukhari dan Muslim)

Silaturahmi bisa menjadi wujud taqwamu padaNya juga.

Mempererat tali persaudaraan,yang dekat makin dekat yang jauh bisa jadi dekat

Dengan melakukan silaturahmi, tidak hanya soal fisik yang menjadi dekat karena bertemu pun secara emosional. 

Yang tadinya sudah dekat, akan makin dekat lagi. Sedang yang jauh, lama-lama juga bisa akrab. Yang pada akhirnya membuat satu sama lain saling memahami, yang bukan siapa siapa bisa menjadi layaknya saudara sendiri.

Indahnya silaturahmi!

Kali aja, menemukan jawaban atas jodohmu

Jika selama ini kamu menutup diri, lebaran adalah waktu yang tepat untuk menunjukan dirimu dari persembunyian. Jangan-jangan selama ini kamu menghambat bertemunya jodoh karena tak mau mencoba untuk bersilaturahmi.

Ya, siapa tahu takdirmu bisa kamu temukan lewat silaturhami kan?

Jadi, jangan biarkan pertanyaan 'kapan nikah' membuatmu ragu untuk silaturahmi,ya. Ingat saja manfaatnya! Yang perlu diwaspadai, silaturahmi lebaran bisa juga menjadi alasan mantan balikan ,lho. Hati hati gagal move on qaqa!

Selamat berlebaran, mohon maaf lahir dan batin,ya!

Salam,

Listhia H Rahman