Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Inilah Tips Sehat di Bulan Ramadan dari Pakarnya

23 Juni 2017   09:36 Diperbarui: 23 Juni 2017   09:39 272 2 1
Inilah Tips Sehat di Bulan Ramadan dari Pakarnya
THR Kompasiana (thr.kompasiana.com)

Apa kabar, Kompasianer? Semoga sehat selalu dan lancar dalam menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Selama bulan Ramadan, kesehatan harus tetap dijaga dari pola makan yang baik, istirahat cukup, serta menyempatkan diri untuk berolahraga agar badan tetap fit meski berpuasa. Beberapa tips dari para pakar kesehatan berikut ini bisa jadi rujukan Kompasianer agar tetap sehat di bulan Ramadan.

Haruskah penderita Diabetes berpuasa?

Meldy Muzada Elfa (Dokter Pendidik Klinis)

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

Secara umum, puasa membantu menurunkan penumpukan lemak di hati dan otot. Studi lain di Tunisia menyatakan bahwa puasa memiliki efek meningkatkan kadar kolesterol HDL, yaitu kolesterol baik yang berfungsi mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah. Bagaimana dengan penderita Diabetes yang juga berpuasa di bulan Ramadan?

Perlu diketahui bahwa setiap orang mempunyai tingkatan risiko Diabetes yang berbeda-beda; mulai dari risiko rendah dan risiko tinggi sekali. Setiap orang yang berisiko Diabetes butuh terapi tertentu agar tetap lancar berpuasa di bulan Ramadan. Hal yang paling penting adalah perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan kaya serat saat sahur, serta jangan makan berlebihan saat berbuka puasa. (Baca selengkapnya)

Berbuka dengan yang manis? Bernarkah demikian?

Listhia H.R. (Mahasiswi Ilmu Gizi)

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

Terinspirasi dari video yang diunggah Deddy Corbuzier di YouTube, kita jadi semakin tahu dan lebih bijak dalam memilih menu buka puasa setiap hari di bulan Ramadan. Berbuka puasa dengan makan atau minum yang rasanya manis memang dibolehkan. Tapi makanan yang mengandung gula tidak alami seperti gula pasir, sirop, donat, dan kue manis lainnya sebaiknya dikurangi karena akan memicu naiknya gula darah.

Selain itu, kandungan gula yang tidak alami bisa menambah lemak tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Tentunya akan berbahaya bagi kesehatan kita sendiri. Jadi perhatikan kembali makanan yang mangandung gula pada saat berbuka puasa atau sahur. (Baca selengkapnya)

Tetap sehat di bulan Ramadan dan sesuai syariat Islam

dr. Ari F. Syam (Staf Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM)

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

Ada beberapa tips sehat sederhana dan tentunya sesuai syariat Islam yang bisa diterapkan di bulan Ramadan. Dianataranya adalah memperlambat sahur serta perbanyak minum air putih sebelum imsak, jangan langsung tidur setelah sahur, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi atau kentang, lemak dan protein dari telur, ikan, atau daging ayam, juga vitamin dari buah-buahan. Selain itu, hindari makanan yang berlemak dan berminyak seperti gorengan. (Baca selengkapnya)

**

THR Kompasiana (thr.kompasiana.com)
THR Kompasiana (thr.kompasiana.com)

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi Kompasianer. Selamat menjalankan ibadah puasa! Kunjungi micrositeTHR Kompasiana (thr.kompasiana.com) untuk mendapatkan tips sehat di bulan Ramadan lainnya dalam rubrik "Sehat Bareng Pakar".

(ARD/yud)