Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Jelang Ramadan?

7 Juni 2017   08:23 Diperbarui: 7 Juni 2017   19:53 470 2 1
Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Jelang Ramadan?
Sumber: tribunnews.com

Bulan suci Ramadan telah tiba. Seluruh umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari penuh ditambah ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadan. Selain kondisi fisik atau jasmani yang harus tetap dijaga agar bisa lancar dalam beribadah, sejumlah persiapan rohani juga harus dimiliki agar kita bisa konsisten menjalankan ibadah meskipun Ramadan berlalu. Belum lagi kebutuhan rumah tangga lainnya yang juga harus disiapkan jelang bulan Ramadan.

Beberapa Kompasianer punya tips tentang bagaimana mempersiapkan jasmani dan rohani serta hal lainnya yang dibutuhkan sebelum dan selama bulan Ramadan.

Menjaga suasana di media sosial

Sumber: pulse.ng
Sumber: pulse.ng
Hiruk pikuk konflik di media sosial karena Politik hingga saat ini sebaiknya disudahi jelang bulan Ramadan. Kompasianer Rachmah Dewi mencoba mengajak kita semua untuk saling mempersiapkan rohani kita dengan bermaaf-maafan dan mulailah untuk saling berbagi dan saling mengingatkan tentang amalan-amalan baik di bulan Ramadan. Isilah linimasa media sosial kalian dengan hal-hal yang positif dan penuh kedamaian dengan harapan silaturahmi kita tetap terjaga meskipun hanya lewat dunia maya.

Melatih anak untuk berpuasa sejak dini

Foto: Dokumentasi Kompasianer Agung Han
Foto: Dokumentasi Kompasianer Agung Han
Kompasianer Agung Han berbagi cerita bagaimana mengajak anak berpuasa dengan cara yang menyenangkan. Memiliki 2 anak yang masih belajar berpuasa sehari penuh menjadi tantangan tersendiri baginya. Hal yang terpenting adalah bagaimana sebagai Ayah bersikap demokratis terhadap anak dengan tidak memaksakan, namun tetap menanamkan arti dan berkah berpuasa sejak kecil sehingga mereka berinisiatif menjalankan ibadah puasa dan bukan karena dipaksa. Ajaklah jalan-jalan sore atau menonton film kartun kesukaan anak sambil menunggu waktu berbuka puasa agar si anak tidak gelisah dan tidak sabar menunggu azan maghrib tiba. Lebih bagus lagi jika anak-anak juga diajarkan untuk mengamalkan ibadah lainnya di bulan Ramadan sejak dini.

Jangan boros demi persiapan Ramadan

Sumber: nextnature.net
Sumber: nextnature.net
Kebutuhan rumah tangga terutama urusan dapur juga harus dipersiapkan memasuki bulan Ramadan. Sebagai Ibu rumah tangga, Kompasianer Wahyu Septa berbagi tips bagaimana mengatur anggaran belanja rumah tangga jelang Ramadan sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Diantaranya adalah: memastikan kebutuhan sebelum berbelanja dengan menyusunnya di sebuah catatan, merancang menu makanan yang akan dimasak selama Ramadan, memasak sesuai kebutuhan keluarga, optimalkan mengolah masakan sendiri di rumah, hingga ikhlas dan penh sukacita dalam menjalaninya.

THR Kompasiana (thr.kompasiana.com)
THR Kompasiana (thr.kompasiana.com)

Kompasianer punya cerita menarik atau tips-tips lainnya seputar Ramadan? Tuliskan ceritamu di microsite THR Kompasiana dan jangan lupa tambahkan label “Cerita Ramlan” pada artikel Anda.

(ARD/yud)